Waspada
Waspada » Cegah Bencana Sejak Dini, Kapolres Ajak Warga Tanam Pohon
Aceh

Cegah Bencana Sejak Dini, Kapolres Ajak Warga Tanam Pohon

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.Ik, MH, memperlihatkan pohon yang hendak ditanam dalam Gerakan Tanam Pohon di lahan kosong milik Polres Aceh Timur, Desa Paya Bili Sa, Kec. Peudawa, Aceh Timur, Selasa (14/1). Waspada/M. Ishak
Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.Ik, MH, memperlihatkan pohon yang hendak ditanam dalam Gerakan Tanam Pohon di lahan kosong milik Polres Aceh Timur, Desa Paya Bili Sa, Kec. Peudawa, Aceh Timur, Selasa (14/1). Waspada/M. Ishak

Melalui gerakan penanaman pohon itu diharapkan menjadi salah satu langkah yang tepat dalam menyelamatkan alam. “Penghijauan ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan di seluruh Polres jajaran Polda Aceh,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.IK, MH, dalam Kegiatan Penanaman Pohon di Gampong Paya Bili Sa, Kec. Peudawa, Selasa (14/1).

Tujuan dilakukan penghijauan tersebut, lanjut Kapolres Aceh Timur guna menciptakan melestarikan bumi Indonesia, khususnya di Kabupaten Aceh Timur. “Sebagai pimpinan di tingkat polres, kami telah meminta seluruh polsek melakukan penanaman pohon minimal seratus batang pohon di wilayah hukum polsek masing-masing,” kata Eko.

Menurut pihak kepolisian setempat, bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah Indonesia tidak terlepas dari faktor menipisnya lahan hijau. Oleh karenanya, Polres Aceh Timur mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan penanaman pohon disekitar rumahnya.

Dalam rangka Hari Aksi Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon yang diperingati setiap 10 Januari, Kapolres Aceh Timur juga mengajak seluruh masyarakat yang memiliki lahan kosong untuk melakukan penanaman bibit pohon, terutama pohon yang berbuah seperti mangga, jambu, rambutan, durian dan sawo.

“Mari kita lestarikan alam melalui gerakan penanaman 1 juta pohon,” ajak Eko Widiantoro seraya menambahkan, penanaman pohon di lahan kosong milik polres tersebut mencapai luas dua hektar dengan bibit 1.300 pohon dari berbagai jenis seperti rambutan, durian, kelapa, pete, duku dan lainnya.

Disisi lain, pohon yang ditanam tersebut nantinya akan menjadi warisan untuk anak cucu dan penduduk dimasa yang akan datang. “Program penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi masa depan anak cucu kita,” tambah Eko sembari melanjutkan, keberadaan pohon-pohon yang ditanam itu tentu sangat bermanfaat nantinya untuk anak cucu dimasa yang akan datang.

Hadir antaranya antara lain Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, Kajari Aceh Timur Abun Hasbulloh Syambas, Ketua PN Idi Afriyanti, perwakilan DPRK Aceh Timur, Ketua MPU Aceh Timur Tgk. H Muhammad Nur (Abu Keunire), Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi, para kadis, Danramil 05/Idi Rayeuk Kapten Inf Jumari, Ketua Cabang Bhayangkari Aceh Timur Ny. Yuli Eko Widiantoro berserta pengurus dan anggota dan para pejabat polres lainnya. (b24)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2