Calon Geuchik, Muhammad Rizal Akan Wujudkan Kemandirian Gampong Matang Seulimeng

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Calon Geuchik Gampong Matang Seulimeng, Muhammad Rizal menyatakan, akan mewujudkan kemandirian gampong sehingga mempunya visi menuju Gampong Matang Seulimeng sejahtera, bebas, independen, lepas, mandiri serta mewujudkan kemandirian gampong dan keberdayaan masyarakat yang partisipatif

Ungkapan itu diutarakannya saat memaparkan visi dan misinya dihadapan masyarakat, Tuha Peut Gampong (TPG), tokoh agama serta perangkat gampong yang digelar Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat bagi tujuh calon geuchik (Cage) di halaman Kantor geuchik setempat, Senin (16/5).

Sosok Muhammad Rizal atau yang akrab disapa Bob dengan Nomor Urut 5 begitu apik dan santun dalam memaparkan visi dan misinya dihadapan masyarakat merupakan sosok calon geuchik yang visioner.

“Mari kita bangun Gampong Matang Seulimeng sejahtera, bebas, independen, lepas, mandiri serta mewujudkan kemandirian gampong dan keberdayaan masyarakat yang partisipatif,” ungkapnya.

Tampak Muhammad Rizal alias Bob salah satu calon geuchik (Cage) saat menyampaikan program visi dan misi di halaman Kantor Geuchik Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, Senin (16/5). Waspada/Rapian

Bob, anak yang terlahir dan dibesarkan di Gampong Matang Seulimeng serta memiliki keluarga besar memiliki beberapa misi yakni membangun masyarakat Gampong Matang Seulimeng yang religius, toleran untuk menjaga kesatuan dan persatuan di gampong.

Selain itu, dirinya juga akan mempercepat reformasi birokrasi memperluas hingga ke dusun-dusun, memperkuat kapasitas ekonomi rakyat dan menjadikan masyarakat Gampong Matang Seulimeng lebih sehat, lebih pintar, lebih berbudaya, dan mencintai lingkungan.

Di samping itu, anak muda visioner yang sudah malang melintang di organisasi kepemudaan, yakni menjabat Wakil Ketua KNPI Langsa, Ketua Panwascam Langsa Barat dua periode, Ketua PPS dua periode di Matang Seulimeng, Ketua PPK Langsa Barat, Pendamping Lokal Desa (PLD), Wakil Ketua Granat Kota Langsa, Pengurus BKM Gampong Matang Seulimeng dan BKPG Kota Langsa.

Muhammad Rizal mengaku, ada 10 program unggulan yang akan diwujudkannya untuk membawa perubahan Gampong Matang Seulimeng diantaranya, melanjutkan kegiatan keagamaan yang telah berjalan, salah satunya fardu khifayah.

Kemudian, peningkatan peran rumah ibadah, fasilitasi pendakwah dan guru ngaji, penyelenggaraan pemerintahan yang transapran dan akuntabel, pelayanan kepada masyarakat yang prima yaitu, cepat, tepat dan benar.

Lantas, adanya kerjasama dengan Pemerintah Daerah tingkat I/II serta pusat dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur di gampong, kemudahan akses penguatan BUMDes dan pelatihan
startup untuk wirausahawan muda, peningkatan ekonomi kaum ibu-ibu.

Tidak sampai disitu saja, Muhammad Rizal juga ingin reformasi birokrasi di gampong berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, satgas kemiskinan, bantuan desa, rumah sederhana layak huni.

Terakhir, adanya festival seni serta pengembangan infrastruktur olahraga dan pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi serta gotong royong masyarakat.

Insya Allah bila masyarakat mempercayakan saya sebagai geuchik untuk periode 2022 – 2028 ke depan, akan membawa perubahan dengan menggandeng semua pihak demi mewujudkan Matang Seulimeng yang mandiri.

“Mari kita bergendeng tangan, bersama-sama mewujudkan Gampong Matang Seulimeng yang mandiri. Jangan lupa pilih Nomor 5,” paparnya Bob sembari gemuruhnya tepuk tangan masyarakat.

Sementara itu, Ketua P2G Gampong Matang Seulimeng, Fadhil Masri menyatakan, tujuan dilaksanakan visi dan misi calon geuchik bertujuan untuk memaparkan program para Cage dan kegiatan ini termasuk dalam salah satu tahapan kampanye.

“Ada sekitar 7.000 DPT, dari 3.500 KK dan TPS akan dibuat di lima titik di setiap Dusun,” terangnya.

Selanjutnya tahapan kampanye berakhir pada 21 Mei 2022 pukul 00:00 dan setelah itu memasuki hari tenang yang nantinya tgl 24 Mei 2022 akan dilakukan pencoblosan di masing-masing TPS.

“Kita berharap pada 24 Mei 2022 masyarakat Gampong Matang Seulimeng dapat hadir ke TPS untuk memberikan hak pilihnya untuk melahirkan geuchik secara demokratis,” terangnya.

Sedangkan Pj. Geuchik Matang Seulimeng, Mursalin, SSTP. MAP, mengatakan terima kasih banyak kepada seluruh jajaran Panitia (P2G) yang telah bekerja semaksimal mungkin, hingga rangkaian demi rangkaian berjalan dengan baik dan lancar sampai dengan hari ini.

“Dengan adanya pelaksanaan visi dan misi ini diharapkan juga masing masing Cage dapat menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir saat ini sebagai daya tarik atau minat warga khususnya Matang Seulimeng untuk terlibat aktif dalam pemilihan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei mendatang,” ucapnya.

Ditambahkan, Mursalin, jangan justru saling menjelekkan antara masing-masing calon dengan calon geuchik lainnya ini guna untuk menciptakan demokrasi pelaksaan pemilihan geuchik yang aman, adil dan bermartabat serta dapat menjadi panutan buat gampong yang lain yang akan melangsungkan pemilihan geuchik yang akan datang khususnya di wilayah Gampong Matang Seulimeng.

“Kita berharap pemilihan geuchik kali ini tidak adanya terjadinya perpecahan dan bisa terciptanya harmonisasi diantaranya,” tukasnya. (crp)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.