Waspada
Waspada » Bus Damri Tujuan Kota Langsa-Trom Diresmikan
Aceh

Bus Damri Tujuan Kota Langsa-Trom Diresmikan

Waspada/dede Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM saat meresmikan beroperasinya Damri angkutan perintis Terminal Tipe A Kota Langsa - Langsa Baro - Trom di Kantor Keuchik Gampong Sukajadi Makmur, Kamis (23/1).

LANGSA (Waspada): Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM meresmikan beroperasinya satu unit Damri sebagai angkutan perintis Terminal Tipe A Kota Langsa – Langsa Baro – Trom, Gampong Sukajadi Makmur, Kec. Langsa Baro di Kantor Keuchik setempat, Kamis (23/1).

Rute bus perintis ini Kemenhub Dirjen Perhubungan Darat ini mulai hari ini menggambil rute Simpang Comodore, TTL, Simpang Sungai Paoh, Pusat Pasar Langsa, Simpang Tugu Polantas Gampong Blang, Jalan A Yani dan kembali lagi ke Gampong Suka Jadi Makmur.

Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid berharap bus Damri angkutan perintis ini bermanfaat bagi masyarakat Langsa umumnya dan khususnya warga Gampong Sukajadi Makmur.

Pemko Langsa menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terimakasih kepada BPTD Wilayah I Provinsi Aceh yang telah memfasilitasi bus Damri untuk dimanfaatkan masyarakat dan pelajar daerah Gampong Sukajadi Makmur yang selama ini mungkin membutuhkan transportasi menuju wilayah perkotaan.

Selama ini, pemerintah terus memikirkan untuk menyediakan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik itu tentang kebutuhan trasnportasi umum maupun hal lainnya.

“Kepada warga tolong bus ini dijaga dan dirawat seolah-olah milik sendiri. Bus ini jangan salah dimanfaatkan, gunakan sesuai peruntukannya untuk angkutan umum traek Trom – Kawasan Kota,” imbuhnya.

Sementara Kasi Saranan dan Prasarana Transportasi Jalan Balai BPTD Wilayah I Provinsi Aceh, Fahni Maulidi menyampaikan, BPTD Wilayah I Aceh perpanjangan tangan dari Kemenhub Ditjen Perhubungan Darat.

Dikatakannya, tahun 2020 telah melaksanakan kegiatan penyelenggaraan keperintisan angkutan jalan sebanyak 8 trayek jalan di Provinsi Aceh, satunya di Kota Langsa yaitu rute
Terminal Tipe A Langsa menuju Trom Gampong Sukajadi Makmur.

Pihaknya berharap dengan kehadiran bus perintis ini bisa
menjadi alternatif transportasi
umum bagi masyarakat, sebagai pendorong dan penunjang pembangunan perekonomian.

Bus perintis Damri ini nantinya akan mulai untuk beroperasi melayani masyarakat, berangkat pukul 06:30 sebanyak 4 trip atau 2 kali berangkat dan 2 kali kembali. Sedangkan untuk tarif bagi pelajar sebesar Rp1.000/orang dan penumpang umum sebesar Rp 3000.

Kepala Dishub Langsa, Samsul SE, didampingi Sekretarisnya, Bambang Suriansyah, menyebutkan, bus perintis atau Damri bantuan Kemenhub Dirjen Perhubungan Darat tahun anggaran 2019.

Setiap hari bus ini akan beroperasi 2 trip pagi dan siang serta siang dan sore pulang pergi (PP) untuk pelajar dan maayarakat menuju ke daerah kota. “Biaya operasional meliputi perawatan dan gaji sopir dan BBM mendapat subsidi langsung oleh Kemenhub dibawah operasional Damri (BUMN),” sebut Samsul.

Kemudian, tahun 2020 diusulkan 2 Bus Damri, untuk angkutan ke kawasan Manggrove Kuala Langsa dan Tertimal Terpadu Langsa (TTL), dan anggkutan Kawqsan Objek Wisata Hutan Kota – TTL – Pusat Kota.

“Namun 2 unit mobil angkutan itu diusulkan ukurannya lebih kecil, agar memudahkan masuk ke dua daerah objek wisata itu,” tandas Samsul. (m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2