Bupati Agara Buka Perhelatan MTQ Ke-38 - Waspada

Bupati Agara Buka Perhelatan MTQ Ke-38

- Aceh
  • Bagikan

 KUTACANE (Waspada): Bupati Aceh Tenggara (Agara), Drs.H.Raidin Pinim MAP membuka Perhelatan MTQ ke 38 di tingkat Kabupaten  Tahun 2021 berlangsung selama lima hari ke depan di Lapangan Bola Kaki Desa Kuta Batu II Kecamatan Lawe Alas Agara pada Kamis (25/11).

         Turut hadir acara perhelatan tersebut, Muspida Plus, seluruh jajaran Muspika se-Aceh Tenggara, tokoh agama, adat, seribuan masayarakat yang tersebar dari berbagai kecamatan dalam kabupaten itu ikut serta menyaksikan acara pembukaan MTQ yang berjalan tertib dan lancar itu bertemakan. “Mari kita tingkatkan kecintaan kepada Alquran dalam rangka membangun kepribadian insan yang religius,” ujarnya.

        Bupati Agara, Drs. H. Raidin Pinim MAP dalam sambutannya mengajak para akademisi dan lembaga terkait melakukan kajian ataupun penelitian untuk mengungkap persentase masyarakat Islam di Aceh Tenggara yang mampu dan yang belum mampu membaca Alquran.

       “Hasil kajian ini otomatis akan dijadikan dasar dan acuan pemerintah untuk membuat terobosan dan gerakan peningkatan kualitas dan kuantitas masyarakat muslim Aceh Tenggara dalam membaca memahami menghayati dan mengamalkan isi dan kandungan Alquran,” ujarnya.

       Kegiatan MTQ ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat dan umat Islam di Kabupaten Aceh Tenggara karena MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya tentunya pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja tetapi lebih jauh dari itu ya itu diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau tujuan dari kegiatan pembelajaran Alquran yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di Kabupaten.

          Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan kegiatan MTQ juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari aspek keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat kabupaten.

          Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara secara terus menerus meningkatkan kualitas MTQ dari tahun ke tahun sebagai perwujudan dari komitmen pemerintah yang menciptakan masyarakat Aceh Tenggara sebagai masyarakat yang religius berbudaya dan berperadaban.

         Dalam kesempatan ini juga kata Radin Pinim perlu disampaikan bahwa kegiatan MTQ ini bersifat selektif dan kompetitif tentunya harus di mana dengan baik baiknya sehingga kegiatan ini berkelas dan berkualitas halnya dengan dewan hakim yang baru saja diucapkan ikrarnya pada MTQ ini demi mendapatkan juara yang andal harus menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan jujur adil dan objektif.

         Sehingga para juara nantinya betul-betul orang terbaik karena para juara di MTQ ini akan menjadi kafilah Aceh Tenggara untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi yang insya Allah akan diselenggarakan di Kabupaten Bener Meriah pada tahun 2022 mendatang, 

        “Kita berharap dengan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi kafilah Aceh Tenggara di tingkat provinsi yang akan datang sebelum mengakhiri sambutan ini kami ucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan para pihak,” sebut Raidin Pinim.(cseh)

Bupati Agara, Drs. H. Raidin Pinim saat menyampaikan sambutannya. Waspada/Seh Muhammad Amin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *