Waspada
Waspada » Bupati Aceh Utara Perpanjang Masa Tanggap Darurat Bencana
Aceh

Bupati Aceh Utara Perpanjang Masa Tanggap Darurat Bencana

Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah. Waspada/Ist

 

ACEH UTARA (Waspada): Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Amir Hamzah, Sabtu (19/12) siang kepada Waspada mengatakan, Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib perpanjang masa tanggap darurat penanganan bencana alam banjir dan longsor.

Masa status tanggap darurat yang telah ditetapkan sebelumnya telah berakhir pada tanggal 17 Desember 2020 kemarin. Sementara sampai saat ini penanganan darurat belum selesai dilaksanakan.

Selain itu, berdasarkan laporan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Malikussaleh pada tanggal 17 Desember 2020 dan laporan dari Pos Komando Penangan Darurat Bencana Alam Banjir dan Longsor Kabupaten Aceh Utara menyebutkan, masih adanya potensi curah hujan lebat.

Kemudian masih berpotensi terjadinya cuaca ekstrim. “Potensi hujan lebat disertai angin kencang diprediksi masih akan terjadi. Kemudian adanya ancaman bencana di beberapa kecamatan di Aceh Utara,” kata Amir Hamzah sesuai yang tertera dalam surat keputusan bupati.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Kelas II Malikussaleh dan laporan dari Pos Komando Penanganan Darura Bencana Alam Banjir dan Longsor Aceh Utara itu, Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, sebut Amir Hamzah, menetapkan perpanjangan status tanggap darurat guna mempercepat penanganan bencana alam banjir dan longsor secara tepat dan terpadu sesuai standar dan prosedur penanganan pada masa siaga bencana.

“Masa tanggap darurat bencana di Aceh Utara diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 18 hingga 31 Desember 2020. Masa tanggap darurat ini bisa diperpanjang dan diperpendek sesuai dengan kebutuhan pelaksanaa penanganan darurat bencana,” kata Amir Hamzah. (b07)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2