Waspada
Waspada » Bupati Abdya : Maksimalkan Penanganan Cegah Covid-19
Aceh Headlines

Bupati Abdya : Maksimalkan Penanganan Cegah Covid-19

Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, didampingi unsur Forkompinkab lainnya, memimpin rapat koordinasi penanganan pencegahan covid-19 di Abdya, Rabu (1/4).Waspada/Syafrizal
Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, didampingi unsur Forkompinkab lainnya, memimpin rapat koordinasi penanganan pencegahan covid-19 di Abdya, Rabu (1/4).Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada) : Bupati Abdya ( Aceh Barat Daya ), Akmal Ibrahim SH menegaskan, semua pihak harus berkomitmen memaksimalkan penanganan cegah wabah covid-19, secara cepat di Kabupaten setempat.

Terkait masalah dana yang dibutuhkan, Bupati Akmal juga menegaskan tidak perlu khawatir. Karena, ketersediaan dana di ‘Nanggroe Breuh Sigupai’ itu, menurutnya sangat banyak. Bupati Akmal mengaku siap menggelontorkan dana puluhan miliar rupiah, demi pencegahan wabah virus itu.

“Uang kita banyak. Kita punya persediaan dana cadangan Rp 51 miliar. Dana itu siap pakai seumpama dibutuhkan,” ungkap Bupati Akmal, dalam rapat koordinasi penanganan pencegahan covid-19 di aula masjid kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie. Rabu (1/4).

Pemotongan Dana Perjalanan Dinas

Pada kesempatan itu, Bupati Akmal juga mengatakan, pihaknya akan memotong biaya perjalanan dinas pribadi Bupati dan Wakil Bupati. Pihaknya juga meminta Sekdakab agar mengkaji aturan main, untuk pemotongan dana perjalanan dinas beberapa Kepala Bidang (Kabid), di sejumlah SKPK dalam lingkuang Pemkab Abdya.

“Potong dana perjalanan dinas itu sebesar 50 persen. Kalau perlu, beberapa sumber kegiatan yang tidak terlalu penting di sejumlah SKPK, kosongkan dulu. Gunakan dana tersebut untuk penanganan covid ini, karena ini yang paling mendesak,” perintahnya kepada Sekda Drs Thamrin.

Untuk penggunaan dana tersebut lanjut Bupati Akmal, sudah dibenarkan oleh Undang-Undang, sesuai dengan regulasi aturan yang berlaku saat ini. “Nanti kita juga akan minta pendapat ibu Kajari Abdya, bagaimana teknis penggunaan anggaran itu, agar tidak berbenturan dengan hukum,” tuturnya.

Bupati Akmal juga meminta kepada Sekda Abdya dan instansi terkait lainnya, agar menyusun semua kebutuhan guna memaksimalkan penanganan covid-19 di Abdya.

“Kita harus saling berkoordinasi, supaya saling memberi semangat, untuk bekerja dengan maksimal. Maka dari itu saya tegaskan kembali, jika membutuhkan biaya kita siap,” tegasnya.

Disamping itu, Bupati Akmal juga meluruskan mengenai dana donasi yang telah dibentuk beberapa waktu lalu itu. “Perlu kami perjelas, bahwa pemerintah bukan meminta sumbangan, namun hanya mengajak, agar sama-sama berpartisipasi bagi mereka yang mampu.

Dan semua yang didonasikan tersebut, telah kita gunakan untuk keperluan penanganan covid ini, seperti masker dan kebutuhan lainnya,” jelas Bupati Akmal, dihadapan para pejabat yang hadir.

Bupati Akmal juga memerintahkan para Camat di Abdya, agar membuat Satgas Desa, agar dapat memantau setiap warga yang masuk, supaya di laporkan ke petugas kesehatan tersedekat.

Rapat koordinasi hari itu, turut dihadiri Wakil Bupati Muslizar MT, Ketua DPRK Nurdianto, Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has ST MT, Kajari Abdya Nilawati SH MH, Wakapolres Abdya Kompol Zainuddin, Sekda Drs Thamren, para asisten, staf ahli, para kepala SKPK, serta instansi terkait lainnya.(cza)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2