Bulog Sub Divre Lhokseumawe Salurkan Beras PKH Untuk 73, 608 KPM - Waspada

Bulog Sub Divre Lhokseumawe Salurkan Beras PKH Untuk 73, 608 KPM

- Aceh
  • Bagikan

LHOKSEUMAWE (Waspada): Kepala Sub Divre Bulog Lhokseumawe, Mukti, Senin (5/10) siang di ruang kerjanya kepada Waspada menyebutkan, pihaknya sekarang ini sedang menyalurkan beras bantuan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) di tiga kabupaten/kota di Provinsi Aceh dengan jumlah 73,608 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran beras bantuan pemerintah untuk PKH telah mulai dilakukan oleh Sub Divre Bulog Lhokseumawe sejak September kemarin. Untuk Kabupaten Aceh Utara penyaluran beras bantuan PKH telah selesai dilaksanakan, Sabtu (3/10).

Jumlah beras yang disalurkan untuk Kabupaten Aceh Utara mencapai 629,520 Kg per bulan dengan jumlah penerima 41,968 keluarga. Jumlah beras tersebut dikalikan tiga bulan, karena bantuan bras tersebut diberikan kepada KPM PKH selama tiga bulan berturut-turut, terhitung Agustus hingga Oktober dengan jumlah beras setiap bulan yang diterima oleh masing-masing penerima manfaat sebanyak 15 Kg.

Untuk Kabupaten Bireun jumlah beras yang harus disalurkan mencapai 386,865 Kg per bulan untuk diberikan kepada 25,791 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)-Program Keluarga Harapan (PKH). “Untuk Kabupaten Bireuen penyaluran masih berlangsung dan tersisa 8 kecamatan lagi. Insya Allah akan segera selesai,” kata Mukti.

Dan sebut Mukti, Senin (5/10) pagi, Wakil Wali Kota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad di halaman parkiran kantor wali kota tersebut melaksanakan kegiatan launching penyaluran beras bantuan Covid-19 untuk PKH di kota itu.

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di Lhokseumawe mencapai 5849 dengan jumlah beras yang harus disalurkan mencapai 87,735 Kg per bulan. Bantuan ini akan disalurkan kepada warga yang bermukim di empat kecamatan yaitu Kecamatan Banda Sakti dengan jumlah penerima mencapai 2,087.

Kecamatan Blang Mangat dengan jumlah KPM mencapai 1,017, Kecamatan Muara Dua sebanyak 1,508 KPM dan Muara Satu sebanyak 1,237 KPM. “Insya Allah penyaluran beras bantuan ini untuk PKH akan selesai kita laksanakan pada Jum’at mendatang. Insya Allah. Untuk hari pertama yaitu Senin (5/10) kita salurkan untuk Banda Saktu dan Blang Mangat,” sebut Mukti.

Mukti juga menyebutkan, pembagian beras bantuan ini dilaksanakan pihaknya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Dinsos. Sementara tugas Sub Divre Bulog Lhokseumawe hanya mengantar dari gudang ke truk. Sedangkan mobil pengangkutan sudah ditunjuk oleh Kementerian Sosial.

Pada kesempatan itu Mukti juga menyebutkan, beras yang disalurkan untuk KPM-PKH bantuan Covid-19 merupakan beras medium. Jika nantinya didapati adanya beras berkualiotas rendah dapat dilapokan kepada pihaknya dan akan diganti dengan beras yang baru.

“Mudah-mudahan aman dan tidak ada beras busuk. Saat ini kita memiliki stok beras di gudang aman untuk 10 bulan ke depan. Jumlah beras di gudang lebih dari 4000 ton. Semuanya beras local,” demikian Kepala Sub Divre Bulog Lhokseumawe, Mukti. (b07).

Foto/Maimun Asnawi

Salah seorang penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (5/10) siang sedang mengambil jatah beras bantuan pemerintah yang dibagikan oleh petugas.

  • Bagikan