Waspada
Waspada » Budi Setiawan, Kepala SD Inspiratif Tingkat Nasional
Aceh Pendidikan

Budi Setiawan, Kepala SD Inspiratif Tingkat Nasional

Kepala SDN 3 Budi Setiawan saat berbincang-bincang dengan Waspada.id, Senin (23/11). Budi Setiawan, Kepala SD Inspiratif Tingkat Nasional. Waspada/Muhammad Riza
Kepala SDN 3 Budi Setiawan saat berbincang-bincang dengan Waspada.id, Senin (23/11). Budi Setiawan, Kepala SD Inspiratif Tingkat Nasional. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Menjadi sebuah kebanggaan bagi seorang Kepala Sekolah Dasar (SD) karena terpilih sebagai kepala sekolah inspiratif tingkat nasional.

Adalah Budi Setiawan, S.Pd.I, M.Si, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 3 Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie. Suami Nani Sukmawati, ini berhasil menerima apresiasi atau penghargaan dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia kategori Kepala SD Inspiratif pada masa pandemi 2020.

Dia dijadwalkan terbang ke Jakarta, Jumat (27/11). Setiba di ibu kota negara, Budi Setiawan langsung menuju Hotel Sahid, Tangerang Selatan.

Ditemui Waspada.id, di Kantor Dinas Pendidikan, Kabupaten Pidie. Senin (23/11) siang, Budi Setiawan merupakan sosok kepala sekolah milenial murah senyum, ramah dan cerdas.

Ayah dari Ghazia Hafiza dan Ghania Hafiza ini punya sederetan inovasi serta prestasi. Diantaranya pernah menjuarai kepala sekolah berdedikasi tingkat Provinsi Aceh, menjadi juara tiga Kepala Sekolah Berdedikasi Tingkat Nasional dan seabrek prestasi lainnya.

Budi Setiawan menceritakan, ia terpilih lima besar sebagai Kepala Sekolah Inspiratif Tingkat Nasional 2020, dari total peserta 841 orang se-Indonesia. Sebelumnya dia mengirim tulisan dalam bentuk deskripsi diri dan portofolio via email kepada panitia di Jakarta. Tulisan itu sebut dia, ditulisnya bercerita tentang pengalaman menjadi kepala sekolah dalam melaksanakan Tupoksi sebagai kepala sekolah. Lalu tentang proses pelaksanaan pembelajaran selama Covid-19.

Semasa pandemi Covid-19, cerita Budi Setiawan, ia melaksanakan rapat dengan wali murid dan komite sekolah. Hal ini dilakukannya untuk memperoleh persetujuan dari wali murid dan komite sekolah karena kondisinya wabah virus Corona belum berakhir.

“Saya tidak menyangka, jika saat diumumkan, nama saya terpilih mewakili Aceh untuk menerima apresiasi dari bapak Menteri Pendidikan, Alhamdulillah,” katanya merendah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kabupaten Pidie Ridwandi, membenarkan jika Kepala SDN 3 Beureunuen, Kabupaten Pidie atas nama Budi Setiawan terpilih mewakili Provinsi Aceh untuk menerima apresiasi sebagai Kepala Sekolah SD Inspiratif 2020 dari Mendikbud RI.

“Alhamdulillah, ya Pak Budi satu-satunya yang terpilih mewakili Aceh tingkat nasional sebagai Kepala SD Inspiratif,” ujarnya.(b06)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2