banner 325x300

BPN Simeulue Programkan Sertifikat Tanah Gratis

  • Bagikan

SIMEULUE (Waspada): BPN Simeulue programkan sertifikat tanah gratis. Informasi buat warga Simeulue yang tanahnya belum bersertifikat khususnya bagi yang terkendala biaya jika ingin gratis kini waktunya. Sebab BPN Simeulue programkan sertifikat tanah gratis

“Mumpung lagi ada program Presiden Jokowi sejak Agustus 2020 mari segera mendaftar,” seru Kepala Pengukuran dan Pemetaan Kadasteral Kantor Pertanahan Kabupaten Simeulue, Romi Mitrolia, ST (foto) kepada Waspada di Sinabang, Senin (26/10).

Diuraikan Romi Mitrolia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Simeulue sedang menjalankan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

BPN Simeulue menargetkan pada Tahun 2021 tercapai 15.500 Peta Bidang Tanah (PBT) dan 3.000 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT).

“Itu semua diberikan pada masyarakat Simeulue secara gratis/tanpa dipungut biaya apapun,” jelasnya.

Adapun program PTSL direncanakan tersebar di empat kecamatan, yaitu: Kecamatan Simeulue Tengah Teupah Barat, Teupah Tengah dan Kecamatan Simeulue Timur.

Bahkan mencakup tanah di dua pulau kecil dalam Wilayah Kabupaten Simeulue: yaitu Pulau Teupah dan Pulau Siumat, sehingga tanah masyarakat di dua pulau iti dapat seluruhnya terukur dan terpetakan.

Kegiatan Pengukuran Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sejatinya program tahun 2021 namun tim pengukuran Kantor Pertanahan Kabupaten Simeulue telah melaksanakannya dari bulan Agustus 2020 dilatari sejumlah pertimbangan.

Pertama menurut Kepala Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Kabupaten Simeulue, Romi Mitrolia, S.T dikarenakan adanya keterbatasan tenaga/juru ukur dan alat.

Sehingga diinisiatifkan lebih awal supaya Mei 2021 telah selesai untuk kegiatan pengukuran.

Menurut Kepala Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Kabupaten tersebut, kegiatan PTSL 2021 program ini akan terkendala atau tidak akan tercapai secara maksimal bila tidak mendapatkan dukungan langsung dari pemilik tanah.

Dukungan dimaksud adalah dengan cara menunjukkan batas bidang tanah itu sendiri/memberikan patok bidang tanah, serta dukungan dari Kepala Desa setempat dan Pemerintah Kabupaten Simeulue secara universal. (B26)

  • Bagikan