BPMA Diminta Desak Medco Umumkan Pemanfaatan Dana CSR

BPMA Diminta Desak Medco Umumkan Pemanfaatan Dana CSR

  • Bagikan
Ketua YARA, Safaruddin SH. BPMA diminta desak Medco umumkan pemanfaatan dana CSR. Waspada/M. Ishak
Ketua YARA, Safaruddin SH. BPMA diminta desak Medco umumkan pemanfaatan dana CSR. Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): BPMA diminta desak PT Medco EP Malaka umumkan pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) ke publik. Hal itu penting agar masyarakat mengetahui pemanfaatan CSR sebagai tanggungjawab sosial perusahaan Minyak dan Gas (Migas).

“Medco EP Malaka sebagai perusahaan Migas besar harus mendetail merincikan pemanfaatkan dana CSR ke publik. Untuk itu kita mendesak Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyurati Medco mengumumkan seluruh dana CSR selama ini,” terang Direktur Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin SH kepada Waspada.id, Selasa (3/11).

Dikatakannya, CSR tersebut perlu dirincikan sejak awal dikucurkan, baik sebelum produksi maupun setelah perusahaan Migas itu berproduksi. Hal ini bertujuan agar pemanfaatan yang selama ini dialokasikan setiap tahunnya terkontrol dan diketahui masyarakat lingkar tambang. Untuk itulah BPMA diminta desak Medco.

“Selama ini kita mendengar banyak dana CSR yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan, seperti program pelatihan masyarakat baik di bidang pertanian yang kabarnya gagal. Jika benar banyak program pemberdayaan seperti ini gagal, maka perlu dievakuasi dan ke depan tidak perlu dilanjutkan,” jelas Safaruddin.

Di sisi lain, Safaruddin berharap BPMA memaparkan hasil monitoring yang dilakukan terhadap sejumlah perusahaan Migas di Aceh, terutama monitoring PT Medco EP Malaka. “Ini penting, karena hasil wawancara dengan masyarakat lingkar tambang baru-baru ini, kita mendapatkan informasi baru berkaitan dengan pemanfaatan CSR yang gagal di Indra Makmu,” tegas Safaruddin. (b11).

 

  • Bagikan