BPJamsostek Hattrick Gold Rank Di Ajang ASRRAT 2021

  • Bagikan
Direktur Keuangan BPJamsostek, Asep Rahmat Suwandha saat menerima penghargaan Hattrick Gold Rank di ajang ASRRAT 2021 di Hotel Raffles Jakarta. Waspada/ist
Direktur Keuangan BPJamsostek, Asep Rahmat Suwandha saat menerima penghargaan Hattrick Gold Rank di ajang ASRRAT 2021 di Hotel Raffles Jakarta. Waspada/ist

LANGSA (Waspada): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) kembali berhasil menyabet rating Gold tiga kali secara berturut-turut dalam Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) tahun 2020 pada kegiatan Asia Sustainability Reporting Rating 2021 (ASRRAT).

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Langsa, Muhammad Kurniawan, Kamis (19/11) melalui siaran persnya menyatakan, penghargaan diterima langsung Direktur Keuangan BPJamsostek, Asep Rahmat Suwandha di Hotel Raffles Jakarta.

Menurut Kurniawan, ASRRAT sendiri diinisiasi oleh NCSR (National Center for Sustainability Reporting, yaitu sebuah lembaga yang memberikan pemeringkatan Laporan Keberlanjutan kepada perusahaan atau lembaga di tingkat Asia.

Pencapaian ini, ungkapnya, secara global menunjukan bahwa BPJamsostek telah akuntabel dalam menjalankan operasional/ bisnisnya secara bertanggung jawab, transparan, dan berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan.

“Hari ini kita mendapatkan aspirasi sekaligus penghargaan dari ASRRAT berupa gold rank, ini salah satu pencapaian yang luar biasa untuk tahun 2021. Selain itu, kita juga mendapatkan piagam apresiasi dan pengakuan atas komitmen secara terus menerus terhadap pelaporan keberlanjutan (sustainability report) selama 4 tahun berturut-turut,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dengan pelaporan berkelanjutan ini, pihaknya membuktikan dukungan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang dicanangkan oleh PBB dan dijalankan juga oleh negara sebagai rencana pembangunan baik jangka menengah maupun jangka panjang.

Selanjutnya, menurut Ali Darwin Ketua NCSR saat membuka penghargaan tersebut mengatakan, acara tersebut diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan/lembaga yang telah membuat laporan keberlanjutan dan mendorong peningkatan baik kuantitas maupun kualitas laporan.

“Aksi keberlanjutan memerlukan inovasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan dan aksi tersebut perlu diungkapkan dalam laporan keberlanjutan yang dibuat,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bambang Brodjonegoro mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia, serta Eko Ganis selaku Ketua Dewan Juri ASRRAT 2021.

Sedangkan Eko Ganis menjelaskan, spirit lestari akan membangun makna hidup dalam bingkai keseimbangan yang baik secara sosial, lingkungan, ekonomi, teknologi dan spiritual.

“Terkait proses asesmen laporan, tahun ini proses penilaian laporan dilakukan oleh 20 orang asesor, yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka semuanya memiliki kompetensi sebagai asesor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR yang disebut Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS),” jelasnya.

Menutup keterangannya usai menerima penghargaan, Asep mengatakan, pembuatan laporan ini sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara seluruh elemen yang ada di dalam BPJamsostek. Dirinya berharap agar seluruh unit terus mempertahankan kinerja dalam membuat strategi operasional secara berkelanjutan dan terintegrasi.

“Pencapaian Gold Rank ini juga diharapkan memotivasi seluruh tim dan insan BPJamsostek dalam menjalankan strategi bisnisnya secara berkelanjutan. Diharapkan pencapaian yang baik ini dapat dipertahankan dan lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tutupnya.(b13)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *