Waspada
Waspada » BNPB Akan Turun Ke Aceh Timur
Aceh Headlines

BNPB Akan Turun Ke Aceh Timur

BUPATI ROCKY, ketika bertemu Kepala BNPB Pusat, Letjen TNI Doni Monardo, di Kantor BNPB Pusat di Jakarta, Kamis (22/10) siang. BNPB akan turun ke Aceh Timur. Waspada/Ist.
BUPATI ROCKY, ketika bertemu Kepala BNPB Pusat, Letjen TNI Doni Monardo, di Kantor BNPB Pusat di Jakarta, Kamis (22/10) siang. BNPB akan turun ke Aceh Timur. Waspada/Ist.

IDI (Waspada): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur melaporkan kerawanan bencana alam yang terjadi di sejumlah titik di daerah itu ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat di Jakarta. Untuk penanggulangannya, diharap BNPB Pusat akan ‘turun tangan’ dan mengambil sikap dalam membantu ke Aceh Timur.

“Iya benar, baru saja keluar dari Kantor BNPB Pusat, untuk melaporkan beberapa poin penting terkait kerawanan kebencanaan di daerah kita,” kata Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib atau Rocky, melalui telepon seluler, usai bertemu Kepala BNPB Pusat, Letjen TNI Doni Monardo, di Jakarta, Kamis (22/10).

Dalam pertemuan itu, Rocky menyampaikan beberapa bencana alam skala besar yang dihadapinya, antara lain longsor badan jalan sepanjang 100 meter dan amblasnya jembatan penghubung antara kabupaten di Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur. “Kita juga menyampaikan kondisi abrasi DAS Arakundo di Pante Bidari, karena kian mengancam keselamatan penduduk, bahkan sejumlah rumah penduduk direlokasi,” sebut Rocky.

Selain itu, Bupati Aceh Timur juga menyampaikan kondisi abrasi pantai sepanjang 14 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, mulai dari Kecamatan Birem Bayeun hingga ke Madat. Hal itu dinilai tak kalah penting, mengingat abrasi pantai telah begitu lama terjadi. “Kita akui selama ini sejumlah titik telah dipasang batu pemecah ombak, tapi masih panjang pesisir pantai yang kondisinya kian mengancam keselamatan penduduk,” urai Rocky.

Kendati demikian, di depan Kepala BNPB Pusat, Rocky mengaku siap siaga dalam menghadapi bencana alam baik baik banjir, tanah longsor, abrasi pantai setiap pasang purnama dan bencana alam lainnya. Untuk melihat kondisi terkini titik-titik yang kerap terjadi bencana alam, diharapkan BNPB Pusat turun ke Aceh Timur.

“Meskipun dalam suasana pandemi COVID-19, kita tetap siaga dalam menghadapi bencana alam berupa banjir dan longsor yang kerap terjadi setiap akhir tahun atau di awal tahun,” tutur Rocky seraya mengaku, dirinya juga sempat memperlihatkan foto dokumentasi bencana alam di daerahnya dan Letjen TNI Doni Monardo, akan menurunkan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Rifai, ke Aceh Timur.

Dalam pertemuan itu, Doni Monardo selaku Kepala BNPB Pusat, didampingi Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Rifai, menyambut baik usulan Pemkab Aceh Timur terkait penanganan kebencanaan di daerah itu, apalagi Aceh Timur salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan kawasan pesisir pantai perairan Selat Malaka. (b11).

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2