BNN Tes Urine Pejabat dan Staf Lapas Lhokseumawe - Waspada

BNN Tes Urine Pejabat dan Staf Lapas Lhokseumawe

- Aceh
  • Bagikan

 LHOKSEUMAWE (Waspada): Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine para pejabat strukturran dan staf, untuk mendeteksi penyebaran Narkoba di Lapas Kelas IIA Lhokseumawe, Selasa (23/11). 

Kegiatan tes urine pejabat dan staf Lapas, untuk mencegah penyebaran Narkoba di Lingkungan Lapas. “Kita bersinergi dengan BNN, untuk pencegah dan penyebaran Nakoba,” tegas Kalapas Kelas IIA Lhokseumawe, Nawawi. 

BNN melakukan tes terhadap 50 orang di lingkungan Lapas. Sejumlah 14 diantaranya merupakan pejabat strukturan.” Selain itu, para staf juga mengikuti tes yang sama, sehingga lingkungan Lapas steril dari berbagai jenis Narkoba”, jelas Nawawi. Namun sebelumnya, internal Lapas harus bersih dari berbagai jenis Narkotika.

Nawawi juga menjelaskan, tes urine bagian dari tiga pilar kemajuan pemasyarakan. Tiga pilar tersebut, pertama deteksi dini. Pendeteksi awal tidak hanya bersifat itelijen, namun juga dilakukan secara internal. “Bagaimana kita bersihkan suatu lingkungan, kalau memang pelakunya tidah dideteksi dulu, apakah bersih atau tidak dibersih,” tambahnya.

Pilar kedua, pemberantasan Narkoba. Kegiatan inilah yang sedang dilakukan pihak Lapas bersama BNN Lhokseumawe. Tes urine melibatkan dua tenaga dokter BNN dan sejumlah pengawas. Pengawasan dikukan sampai ke toilet, untuk memastikan urine tersebut murni tidak tercampur air.  

Menurut Kalapas, bila hasil tes positif akan diserahkan ke Kanwil Menkumhan Aceh. Mekanisme penanganan akan dilanjutkan di Kanwil. Kemungkinan dilakukan kepembinaan. Bila ada perubahan, akan dikembalikan ke Lapas Lhokseumawe. Atau dipindah ke tempat lain. Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan dipecat.

Pilar ketiga, tambah Kalapas, berkolaborasi dengan instansi teknis dalam mewujudkan kemajuan permasyarakatan. Selama ini telah dilakukan kerjasama dengan TNI/Polri. “Kita diback-up TNI, selain itu juga bersinergi dengan Polri,” jelasnya. Sekarang ini, Lapas juga bekerjasama dengan BNN untuk mecegah penyebaran Narkoba.

Lebih jauh dia mengharapkan, semoga upaya yang dilakukan dapat membersihkan lingkungan Lapas dari penyenaran Narkoba. “Kita berharap teman-teman harus steril dari Narkoban,”tegasnya. Namun untuk mewujudkan hal itu, butuh enegi strategis, kesabaran dan waktu.(b08)

  • Bagikan
Search and Recover