Waspada
Waspada » BLT Belum Cair, Emak-emak Datangi Rumah Kades
Aceh

BLT Belum Cair, Emak-emak Datangi Rumah Kades

Emak-emak mendatangi rumah Kades dan Tuha Peut Desa Blang Ara Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (1/8).Waspada/Ist

NAGAN RAYA (Waspada): Akibat Bantuan Langsung Tunai (BLT) belum cair, sejumlah emak-emak Desa Blang Ara Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya mendatangi rumah Kades dan Tuha Peut setempat, Sabtu (1/8).

Dari informasi didapatkan kalangan emak yang datang ke rumah Kades dan Rumah Tuha Peut mempertanyakan bantuan yang bersumber dari desa tersebut sampai sekarang ataupun tahap III belum dicairkan oleh pemerintah setempat.

Seorang Ibu dari Blang Ara Nurollah Nu meminta kepada aparat desa agar dapat segera melakukan pencairan BLT tahap III. “Sampai saat ini BLT di desa kami belum dilakukan pencairan.

Maka kami perlu pertanyakan bantuan Covid-19 ini kapan di lakukan pencairan apalagi udah lebaran, seharusnya sebelum Idul Adha sudah dicairkan seperti desa lain,” pinta Jasman.

Ketua Tuha Peut Blang Ara Bustami membenarkan ibu-ibu datang ke rumah mereka mempertanyakan tentang BLT, namun aku Bustami, BLT tahap III memang belum dicairkan karena belum 40 persen dilakukan pencairan sehingga BLT untuk tahap III ini terlambat dicairkan.

Bustami mengaku bahwa BLT untuk tahap III ini terlambat dikarenakan RKAD belum mencapai 40 persen belum selesai SPJ sehingga dana tersebut tidak bisa diambil.

Sementara Kades Blang Ara Muhammad Atah Kepada Waspada menjelaskan, BLT tahap I dan II sudah selesai dicairkan, untuk tahap III juga segera dicairkan.

“Bukan tidak dicairkan, nanti kalau sudah bisa dilakukan penarikan 40 persen baru BLT tahap III ini akan dilakukan penyaluran ke warga,” jelas Kades Muhammad.

Kasie Ketahanan Mukim Dan Gampong Wahidi SE, menyebutkan terkait dana desa untuk BLT memang harus dicairkan 60 persen itu sudah termasuk semua jenis kegiatan termasuk BLT di dalamnya.

Sedangkan keseluruhan dana tersebut Rp400 juta untuk senua keperluan dalam desa baik bangunan seperti gedung BUMG dan dana lainnya dalam desa dan itu harus ada di buat SPJ sebelum masuk ke rekening desa masing-masing.(b22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2