Waspada
Waspada » BKSDA Aceh Jemput Siamang
Aceh

BKSDA Aceh Jemput Siamang

Petugas BKSDA Aceh, ketika menjemput siamang di rumah Sindy di Desa Keutapang Dua, Idi Timur, Aceh Timur, Selasa (4/5) sore. Waspada/Ist
Petugas BKSDA Aceh, ketika menjemput siamang di rumah Sindy di Desa Keutapang Dua, Idi Timur, Aceh Timur, Selasa (4/5) sore. Waspada/Ist

IDI (Waspada): Setelah mendapatkan kabar dan informasi adanya seekor siamang (Symphalangus Syndactylus) di rumah warga, tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh akhirnya menjemput siamang di sangkar rumah warga di Desa Keutapang Dua, Idi Timur, Aceh Timur.

Kini, satwa dilindungi itu sudah tiba di Kantor BKSDA Aceh di Banda Aceh. Belum diketahui kondisi kesehatannya, karena petugas yang menangani kesehatan satwa belum melakukan observasi dan pemeriksaan secara mendalam.

“Sudah dijemput petugas kita dan siamang ini sudah berada di BKSDA Aceh,” kata Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto S.Hut, menjawab Waspada, Rabu (5/5).

Pihaknya mengaku telah menangani siamang yang ditemukan warga dari Taman Rusa Pusat Perkantoran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur di Idi.

“Kita akan lakukan observasi secara bertahap. Jika nantinya sudah bisa dilepasliarkan, maka tentu kita akan kembalikan ke habitatnya,” tutur Agus Arianto.

Dia menyebutkan, siamang merupakan salah satu satwa dilindungi dan masih ditemukan di hutan-hutan dalam Provinsi Aceh. “Status siamang saat ini terancam punah, sehingga kita harap masyarakat tidak memburu siamang untuk dipelihara, apalagi diburu untuk diperdagangkan,” demikian Agus Arianto.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sindy Wulandari, menemukan siamang jantan itu di Taman Rusa milik Pemkab Aceh Timur di Idi. Awalnya dianggap bisa dijadikan satwa piaraan, namun setelah berkonsultasi dengan petugas Balai KSDA Aceh, ternyata hewan itu siamang dan dilindungi secara undang-undang. Sehingga Sindy bersedia menyerahkan secara sukarela. (b11)

Berita terkait:

BKSDA Diminta Jemput Siamang Di Aceh Timur

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2