Waspada
Waspada » BKM Baitul Ghafur Abdya Sediakan Kuah Beulangong
Aceh

BKM Baitul Ghafur Abdya Sediakan Kuah Beulangong

Waspada/Syafrizal Zainun Yusuf, salah seorang anggota BKM Baitul Ghafur Abdya, saat mengaduk kuah beulangong, persiapan buka puasa, di kompleks masjid kebanggaan ‘Nanggroe Breuh Sigupai’. Foto direkam Minggu  (18/4).

 

BLANGPIDIE (Waspada): Selama menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan 1442 kali ini, Badan Kemakmuran Mesjid Agung (BKM) Baitul Ghafur Aceh Barat Daya (Abdya), dilaporkan menyediakan masakan kuah beulangong, untuk berbuka bersama di mesjid kebanggaan ‘Naggroe Breuh Sigupai’, termasuk untuk bekal sahur.

Informasi diterima Waspada Senin (19/4) diketahui, kuah beulangong yang disediakan oleh BKM Baitul Ghafur tersebut, berisikan kari kambing.

Bukan hanya sekedar kuah beulangong, namun BKM juga menyediakan lengkap dengan nasi, berbagai jenis minuman, beraneka ragam kue dan lainnya.

Kuah beulangong dan ragam makanan juga minuman itu, diperuntukkan bagi yang ikut berbuka puasa di Mesjid Agung Abdya, termasuk para musafir atau warga muslim dalam perjalanan jauh, bisa singgah di Abdya untuk berbuka puasa, maupun sahur di Mesjid Agung Baitul Ghafur.

“Menu kuah beulangong, juga ragam minuman dan makanan itu, tiap hari kita sediakan,” ungkap Drs Zainun Yusuf, salah seorang anggota BKM Baitul Ghafur.

Dalam penyajian dan persiapan jelang buka puasa lanjut Zainun Yusuf, setiap hari panitianya berganti-ganti.

Menu kuah beulangong dengan bahan daging kambing, itik, ayam dan ikan segar, dimasak langsung di kompleks mesjid yang berdiri di atas areal 2,4 hektare itu.

Jelang berbuka, menu makanan dihidangkan pengurus BKM bersama ramaja Mesjid setempat.

Penganan berbuka yang disediakan bukan saja takjil atau snack, melainkan nasi yang dikemas dalam kotak, dengan menu khusus kuah beulangong, masakan khas Aceh.

Menu berbuka ini diperuntukkan bagi para musafir dan masyarakat yang berbuka puasa di Mesjid milik Pemkab Abdya ini, yang terletak di lintasan Kota Blangpidie menuju Guhang-Cot, Manee, Kecamatan Jeumpa, arah ke Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat.

Zainun Yusuf juga mengatakan, menu berbuka dan sahur yang disediakan BKM Baitul Ghafur tersebut gratis.

Dimana katanya, tiap harinya, tidak kurang dari 200 paket nasi dikemas dalam kotak. Paket nasi tersebut disediakan oleh Pemkab Abdya, melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya.

Sementara paket takjil berkisar 200 hingga 250 paket, berupa air tebu dan beraneka ragam kue, merupakan sedekah pribadi Akmal Ibrahim SH.

“Itu sedekah pribadi pak Akmal dan keluarga, bukan atas nama bupati,” demikian Zainun Yusuf.(b21)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2