Waspada
Waspada » Bimtek Aparatur Desa Gelombang Pertama Di Medan Berakhir
Aceh Headlines

Bimtek Aparatur Desa Gelombang Pertama Di Medan Berakhir

Camat Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara, Hayadun SP (baju putih). Bimtek Aparatur Desa Gelombang Pertama di Medan berakhir. Waspada/Seh Muhammad Amin
Camat Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara, Hayadun SP (baju putih). Bimtek Aparatur Desa Gelombang Pertama di Medan berakhir. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Desa Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) gelombang pertama di Hotel Santika Dyandra Kota Medan Sumatera Utara, berakhir, Senin, (19/10).

Kepulangan peserta Bimtek Aparatur Desa itu disesuaikan dengan Surat Bupati Aceh Tenggara Nomor : 140/392 untuk jadwal gelombang peserta pelatihan yang terbagi untuk tiga gelombang.

Camat Darul Hasanah, Hayadun, SP mengatakan, kepulangan peserta Bimtek Desa wilayah administrasinya itu, sudah dikondisikan untuk tidak berkeliaran atau singgah di tempat-tempat hiburan.

Kata dia, dari 28 Pemerintah Desa di wilayah pimpinannya itu, sudah stanby untuk meninggalkan Hotel Santika Dyandra Kota Medan.

Hayadun berharap, peserta Bimtek dapat mengembangkan materi-materi yang sudah dipelajari, diantaranya, tentang kewenangan hak asul-usul desa, kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan Pemerintah Daerah. Sering kewenangan ini yang  menjadi soal di desa-desa, ujarnya ketika dihubungi Waspada.id, Senin (19/10) malam.

Kepala Desa Kampung Baru Kecamatan Badar, Muslim, meyakini materi yang sudah dipelajari itu akan dapat diterapkan di desa yang ia pimpin. “Banyak ilmu yang sudah didapat dari hasil Bimtek yang dilaksanakan ini,” ujar nya singkat.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Tenggara, Zuel Kanedi, menjelaskan, untuk gelombang kedua akan dihadirkan peserta dari lima kecamatan diantaranya, Kecamatan Babussalam, Bambel, Lawe Sumur, Lawe Alas dan Semadam.

“Peserta gelombang kedua, hari Rabu, 21 Oktober 2020 sudah mengikuti Bimtek Desa, untuk fasilitas hotel dimulai pada pukul 14.00 WIB, Selasa, 20 Oktober 2020,” kata Sekretaris Apdesi Kabupaten Agara menerangkan melalui selulernya saat dikonfirmasi Waspada.id Selasa (20/10) pagi.(Cseh)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2