Waspada
Waspada » Bila Covid-19 Berakhir, 270 Calhaj Bireuen Diprioritas Tahun Depan
Aceh

Bila Covid-19 Berakhir, 270 Calhaj Bireuen Diprioritas Tahun Depan

 

BIREUEN (Waspada): Sebanyak 270 jamaah calon haji (Calhaj) di kabupaten Bireuen, di prioritaskan tahun depan bila Covid-19 berakhir.

“Jumlah tersebut, itu Calhaj yang keberangkatannya ditunda pada 2020 dan 2021. Hingga saat ini, belum ada jamaah yang menarikkan uangnya,” kata Kasi Penyelenggara Haji Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Bireuen, Mukhlis, Kamis (10/6) menjawab Waspada.

Dijelaskan, bila nantinya, di Kabupaten Bireuen ada jamaah yang ingin menarikan uangnya itu diperbolehkan, tetapi tidak semua, hanya uang penulasannya saja sekitar Rp6.700.000. Bahkan pihaknya sudah memberitahukan hal tersebut kepada kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di setiap kecamatan dalam Kabupaten Bireuen agar diberitahukan kepada Calhaj.

“Jika ada jamaah haji, yang ingin menarik uangnya, kita siap menunggu di kantor serta membawakan syarat syaratnya agar bisa diproses itupun tidak semuanya. Bila yang tidak menarik, duitnya itu juga sangat aman di Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) dijamin oleh pemerintah,” jelas Mukhlis.

Menurut Mukhlis, bagi Calhaj misalnya ada yang menarikkan semua duit yang telah disetor tersebut, artinya jama’ah itu sudah keluar dari sistem disebabkan dirinya sudah membatalkan dan tidak terdaftar lagi sebagai Calhaj dari Kabupaten Bireuen. Kepada mereka yang ingin mengambilkan paspor sekarang bisa mendatangi Kantor Kementerian Agama Bireuen untuk mengambilnya, bila mewakili harus ada surat pernyataan dan bermaterai dari Calhaj.

“Kita mengharapkan kepada jamaah, jangan mendengar hoaks dari orang lain. Apa bila ingin menanyakan sesuatu hal itu bisa menghubungi atau mendatangi kami ke kantor, kita siap memberikan penjelasannya kepada Calhaj,” pungkas Kasi Penyelenggara Haji Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Bireuen, Mukhlis. (cfau)


Kasi PHU Kator Kementerian Agama Bireuen, Mukhlis, (10/6). Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2