Waspada
Waspada » Biaya Di Balik Pandemi Covid-19 Aceh Tamiang
Aceh Headlines

Biaya Di Balik Pandemi Covid-19 Aceh Tamiang

Suasana pemakaman jenazah yang dilakukan secara Prokes Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang. Biaya di balik Pandemi Covid-19 Aceh Tamiang. Waspada/Muhammad Hanafiah
Suasana pemakaman jenazah yang dilakukan secara Prokes Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang. Biaya di balik Pandemi Covid-19 Aceh Tamiang. Waspada/Muhammad Hanafiah

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, berbagai upaya kebijakan dilakukan oleh Pemkab Aceh Tamiang dan Satgas Covid-19 Kab. Aceh Tamiang.

Tentu saja dalam melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang menelan biaya yang tidak sedikit untuk berbagai keperluan mengatasi wabah virus yang telah membuat sendi-sendi kehidupan morat-marit, baik terkait perekonomian maupun hal-hal lainnya ikut terganggu sebagai ekses pandemi Covid-19 di Kabupaten yang dijuluki Bumi Muda Sedia.

Pemkab Aceh Tamiang, menurut informasi diperoleh Waspada.id dari Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Kab. Aceh Tamiang, Syahri yang dikomfirmasi Waspada.id di ruang kerjanya, Selasa (10/11) menyatakan, untuk pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, Pemkab Aceh Tamiang bersama Tim Satgas Covid -19 ada menggunakan dana tanggap darurat sejumlah Rp3 miliar yang bersumber dari APBK (APBD) Aceh Tamiang TA 2019 dan ada juga dana yang bersumber dari APBA (APBD) Provinsi Aceh sebesar Rp15 Miliar pada tahun anggaran 2020.

“Uang tersebut ada digunakan untuk biaya operasional, honor petugas, pembelian Alat Perlindungan Diri dan keperluan lainnya untuk keperluan penanganan dan pencegahan pandemi Covid,” ungkap Syahri.

Syahri menyebutkan, sampai saat ini data yang tercatat ada 11 orang yang meninggal dunia terkomfirmasi Covid-19, sedangkan ratusan lainnya ada yang sembuh.

Menurut Syahri, biaya pemakaman seorang jenazah yang dilakukan secara Prokes Covid-19 rinciannya adalah untuk petugas pemakaman Rp1.666.000, peti jenazah Rp500.000, APD bagi petugas dan lain-lain mencapai Rp7.000.000 dan ada juga keperluan lain-lain sehingga total biaya pemakaman untuk satu jenazah mencapai Rp10 juta.

“Kalau untuk keluarga korban yang meninggal dunia memang tidak ada anggarannya untuk diberikan kepada keluarga korban yang meninggal dunia karena terkomfirmasi Covid -19,”ungkap Syahri yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang. Waspada/Muhammad Hanafiah

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2