Waspada
Waspada » Berikan Layanan Publik, PN Langsa Perkenalkan Si Komo Dua
Aceh

Berikan Layanan Publik, PN Langsa Perkenalkan Si Komo Dua

Berikan Layanan Publik, PN Langsa Perkenalkan Si Komo Dua. Waspada/Ist
Berikan Layanan Publik, PN Langsa Perkenalkan Si Komo Dua. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Pengadilan Negeri Langsa meluncurkan aplikasi Si Komo Dua singkatan dari Sistem Informasi, Komunikasi Online dan Pengaduan, Jumat (19/2).

Ketua Pengadilan Negeri Langsa Silvianingsih, SH, MH mengatakan, masyarakat Kota Langsa kini dapat memperoleh segala bentuk informasi dan mengajukan pengaduan terkait pelayanan di Pengadilan Negeri Langsa cukup dengan mengirimkan SMS maupun WhatsApp ke nomor handphone 08116884646.

“Aplikasi ini lahir dari pemikiran sederhana, bagaimana agar masyarakat Kota Langsa yang membutuhkan informasi dan juga ingin mengajukan pengaduan sehubungan dengan pelayanan pengadilan dapat terbantu tanpa harus datang ke kantor Pengadilan,” ujarnya.

Aplikasi Si Komo Dua ini merupakan pengembangan dari aplikasi Si Komo yang sudah di luncurkan Pengadilan Negeri Langsa beberapa waktu sebelumnya.

Aplikasi yang berbasis SMS dan WhatsApp ini sebelumnya hanya menjawab semua informasi terkait jadwal persidangan, dan informasi terkait persyaratan pelayanan di pengadilan. Misalnya, persyaratan permohonan, persyaratan surat keterangan, dan segala informasi yang diperbolehkan untuk dipublikasikan.

Sedangkan terkait informasi mengenai substansi perkara tidak akan ditanggapi oleh admin. Adapun penambahan fitur pengaduan dimaksudkan agar masyarakat yang mempunyai keluhan terhadap layanan pengadilan dapat langsung ditanggapi oleh Humas/Juru Bicara Pengadilan Kurniawan, SH, MH yang merupakan admin dari aplikasi ini.

Menurutnya, mendengar kata pengadilan, masyarakat cenderung takut karena identik dengan kasus hukum. Selain itu, terkait permasalahan jarak karena letak pengadilan yang jauh dari rumah penduduk yang tinggal di pedesaan dan dengan aplikasi ini menjawab semua permasalahan tadi, terutama di masa pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat.

Silvianingsih juga menambahkan, aplikasi ini diluncurkan sebagai bentuk komitmen Pengadilan Negeri Langsa untuk memudahkan pelayanan dengan cara menyediakan aplikasi dengan semangat untuk kepuasaan masyarakat Kota Langsa.

“Ini merupakan salah satu langkah straregis Pengadilan Negeri Langsa untuk mendapatkan predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB,” tandasnya.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2