Waspada
Waspada » Belasan Pelanggar Prokes Masih Ditegur
Aceh Headlines

Belasan Pelanggar Prokes Masih Ditegur

TIM gabungan melakukan razia Prokes terhadap sebagian pelanggan di depan Kantor BRI Cabang Idi, Aceh Timur, Selasa (19/1). Belasan Pelanggar Prokes Masih Ditegur. Waspada/M. Ishak
TIM gabungan melakukan razia Prokes terhadap sebagian pelanggan di depan Kantor BRI Cabang Idi, Aceh Timur, Selasa (19/1). Belasan Pelanggar Prokes Masih Ditegur. Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Satgas Penanggulangan dan Penanganan Covid-19 Aceh Timur, masih menegur dan mencatat identitas belasan pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) dalam mengawasi Peraturan Bupati (Perbup) Aceh Timur Nomor 32 Tahun 2020 di sejumlah lokasi di Kota Idi, Aceh Timur.

“Soal penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (Prokes) kita tidak main-main. Ini tujuannya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Aceh Timur,” kata Kepala Satpol-PP dan WH Aceh Timur, Teuku Amran, SE, MM, kepada Waspada.id, di Idi, Selasa (19/1).

Dikatakannya, pihaknya akan terus menggelar Operasi Yustisi Perbup baik di perkantoran, perbankan dan kantor-kantor perusahaan lainnya di Aceh Timur. “Hari ini kita lakukan pengawasan Prokes di Kantor Camat Idi Rayeuk, Dinas Kesehatan dan Kantor UPTD Dinas Pendidikan Cabang Aceh Timur,” kata Ampon, sapaan T. Amran.

Dia menambahkan, dalam razia kali ini pihaknya menjaring sebanyak 11 para pekerja yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Selain ditegur, pelanggar juga dicatat identitasnya. “Tindakan untuk saat ini baru tahap teguran lisan dan mencatat identitas pelanggar,” sebut Ampon.

Pihaknya terus mengimbau, masyarakat dan pekerja agar mematuhi protokol kesehatan ketika keluar rumah. Hal itu penting untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19. “Dalam razia kali ini kita tetap melibatkan TNI/Polri, Satpol-PP, Satgas BPBD, dan Dishub,” pungkas Ampon.

Kasus Covid-19

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Timur, dr. Edy Gunawan MARS, secara terpisah mengatakan, setelah terjadi kekosongan selama 10 hari kini kasus kasus Covid-19 kembali muncul di Aceh Timur.

“Pasien ini berasal dari Kecamatan Birem Bayeun dan bekerja di salah satu RS di Kota Langsa, hasilnya dinyatakan positif dan saat ini sudah menjalani isolasi mandiri di rumah, namun akan terus kita pantau,” demikian Edy.

Berdasarkan data, hingga kini total Orang Dalam Pemantauan di Aceh Timur berjumlah 131 kasus. Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 71 kasus. Sedangkan 108 dinyatakan sembuh dan tujuh orang meninggal akibat COVID-19. (b11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2