Waspada
Waspada » Begini Tips Aulia Nadilla Raih Nilai Tertinggi Lulus CPNS Di Aceh Singkil
Aceh Headlines

Begini Tips Aulia Nadilla Raih Nilai Tertinggi Lulus CPNS Di Aceh Singkil

Aulia Nadilla CPNS peraih nilai tertinggi pada seleksi CPNS Formasi 2019. Begini Tips Aulia Nadilla Raih Nilai Tertinggi Lulus CPNS Di Aceh Singkil. Waspada/Ist
Aulia Nadilla CPNS peraih nilai tertinggi pada seleksi CPNS Formasi 2019. Begini Tips Aulia Nadilla Raih Nilai Tertinggi Lulus CPNS Di Aceh Singkil. Waspada/Ist

SINGKIL (Waspada): Senyum bahagia terlihat terpancar dari 115 orang dengan berseragaman Korpri, yang duduk di ruang Oprrom Kantor Bupati Aceh Singkil.

Hari ini, Kamis (14/1/2021) mereka resmi menerima SK tugas yang diserahkan langsung Wakil Bupati H Sazali di Oproom Kantor Bupati Aceh Singkil. Para CPNS ini akan mulai bertugas hari pertama, 18 Januari 2021.

Aulia Nadilla merupakan salah satu dari 115 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Aceh Singkil, yang berhasil lulus seleksi formasi tahun 2019.

Sarjana strata 1 lulusan PGSD Universitas Negeri Semarang (UNES) ini berhasil memperoleh nilai tertinggi berdasarkan hasil integrasi Panitia Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

Aulia, kelahiran Singkil, 07 Mei 1994 silam, mendapat total nilai akhir 88,16 dan menjadi nilai tertinggi dari 115 PNS yang lulus.

Berdasarkan hasil penilaian Panitia Seleksi perekrutan PNS 2019 dan BKPSDM Kabupaten Aceh Singkil mengumumkan Aulia Nadilla mendapat nilai tertinggi usai melewati seleksi akhir.

Sementara itu Aulia Nadilla yang ditemui Waspada.id di Kantor BKPSDM Aceh Singkil, terlihat senyum bahagia usai menerima SK tugasnya sebagai PNS.

Saat disinggung Waspada.id atas keberhasilannya itu, Aulia juga tak sungkan-sungkan membeberkan tips dan strateginya, sehingga dirinya bisa lulus seleksi CPNS bahkan memperoleh nilai tertinggi.

Disebutkannya, ini merupakan kedua kali dirinya mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Sebelumnya dirinya sempat gagal pada seleksi penerimaan tahun sebelumnya.

Kendati dari kegagalannya, Aulia mengaku banyak mendapat pengalaman yang sangat berharga. Sebab diakuinya, dirinya banyak belajar dari kegagalan yang lalu, saat proses mengikuti ujian seleksi CPNS.

Mulai dari cara pengisian jawaban, waktu pengisian soal yang diberikan, dan materi soal-soal yang diberikan saat seleksi tahun lalu, menjadi pelajaran yang sangat berharga.

“Untuk pengisian soalnya harus selesai satu soal satu menit, jadi dalam waktu 90 menit sebanyak 100 soal harus sudah siap terjawab,” beber Aula sembari berbagi tips dari pengalamannya

Sementara itu, untuk tingkat kesukaran soal katanya, lebih sulit saat Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sebab soalnya umum. Termasuk materi Kewarganegaraan dan Matematika ada, sehingga tidak semua dikuasai.

Namun saat ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan bidang masing-masing, mengenai pendidikan dan jawaban soalnya lebih mudah, ucapnya.

Atas keberhasilannya itu Aulia mengaku banyak membaca buku panduan lulus CPNS yang sengaja dibelinya di toko buku.

Termasuk menonton tayangan dari youtube chanel tentang tips dan trik mengisi soal ujian CPNS dan kecepatan dalam menjawab soal-soal.

Kalau dari materi yang dipelajari tersebut, persentase keberhasilan bisa lulusnya, 70 persennya banyak didapat dari youtube. Sedangkan dari buku panduan sekitar 30 persen. “Kalau nonton lebih mudah ingat dan tersimpan di ingatan, kalau membaca, tidak banyak bisa diingat,” ujarnya.

Begitupun Aulia berpesan untuk kawan-kawan yang belum berhasil, keberhasilannya tersebut paling utama dari doa dan niat yang bersih.

“Yang paling utama dan luar biasa keberhasilan kita adalah dari ibadah kita dan doa kita. Kemudian kita harus luruskan niat, jadi PNS untuk apa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Aulia Nadilla yang tinggal di Desa Pulo Sarok Singkil, sempat menjadi guru honor selama dua tahun di SDN IV Pulo Sarok Kecamatan Singkil.

Saat ini dirinya mendapat tugas mengajar di SD Negeri Telaga Bhakti Kecamatan Singkil Utara.

Diungkapkannya, selama perjalanannya mengikuti seleksi penerimaan PNS, tidak ada pungutan apapun baik dari panitia serta pihak manapun, ujarnya. (b25)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2