Waspada
Waspada » Banjir Susulan Landa Tiga Kecamatan Di Aceh Timur
Aceh

Banjir Susulan Landa Tiga Kecamatan Di Aceh Timur

Warga nekat mengarungi jalan yang digenangi banjir di Alue Ie Mirah, Kec. Indra Makmu, Aceh Timur, Selasa (12/1). Waspada/M. Ishak

 

IDI (Waspada): Setelah sepi dua hari, sebanyak enam desa dalam tiga kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur, kembali dikepung banjir susulan, Selasa (12/1).

Tinggi air rata-rata antara 30-80 centimeter dari permukaan jalan. Dampaknya, ratusan jiwa mengungsi.

Banjir tersebut dipicu derasnya hujan semalam suntuk, sehingga berdampak terhadap luapan sungai.

Ratusan rumah sepanjang pesisir sungai juga terendam, belum lagi lahan pertanian dan perkebunan milik warga juga ikut terendam.

Desa terendam banjir yakni Desa Pante Kera, Kecamatan Simpang Jernih. Tinggi air antara 15-50 centimeter. Kemudian banjir melanda tiga kecamatan di Indra Makmu yakni Kp. Perkebunan Julok Rayeuk Utara, Jambo Lubok dan Desa Alue Mirah. Tinggi air rata-rata antara 10-40 centimeter.

Selain di Simpang Jernih dan Alue Mirah, banjir juga terjadi di beberapa desa lain yakni Desa Blang Rambong dan Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam.

Ketinggian air rata-rata antara 40-80 centimeter. Akibat banjir, ratusan rumah terendam dan ratusan jiwa mengungsi.

“Iya benar, ada tiga kecamatan yang dilanda banjir. Tinggi air sepinggang di Banda Alam dan Pante Bidari. Sedangkan banjir di Indra Makmu mencapai selutut,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Timur, Ashadi, MM, kepada Waspada, Selasa (12/1).

Kata dia, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan terpuruk, seperti melakukan koordinasi instansi terkait baik TNI/Polri, Basarnas, PMI, RAPI, dan personel siaga 24 jam.

“Kondisi terakhir, banjir di Simpang Jernih mulai surut. Namun untuk banjir yang terjadi di Kecamatan Indra Makmu dan Banda Alam, bertambah tinggi. Bahkan antara penghubung antara kecamatan juga lumpuh total,” demikian Ashadi. (b11).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2