Banjir Mulai Kepung Aceh Tenggara

  • Bagikan

KUTACANE (Waspada): Banjir mulai mengepung Aceh Tenggara, setelah banjir bandang meluluhlantakkan Kecamatan Semadam disertai banjir sungai pada tiga kecamatan lainnya, kini giliran Kecamatan Leuser dan lokasi wisata yang dihantam banjir.

Kalaksa BPBD Aceh Tenggara Nazmi Desky kepada Waspada, Selasa (19/4) mengatakan, selain wilayah Kecamatan Semadam, Bambel, lawe Sumur, Lawe Sigalagala dan sebagian Kecamatan Lawe Bulan, banjir yang terjadi Selasa (19/4) sekira pukul 16.00, menyebabkan ruas jalan Provinsi Muara Situlen-Gelombang putus total tak bisa dilewati kenderaan roda empat.

Tingginya curah hujan alam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai Bunbun Indah meluap menggenangi rumah warga, bahkan di Desa Dusun Paya Babi Desa Tuah Kekhine longsor dan menyebabkan badan jalan menyempit dan nyaris putus sehingga tak bisa dilewati kenderaan roda empat.

Karena merupakan ruas jalan provinsi dan bukan jalan kabupaten, papar Nazmi Desky, kondisi putusnya ruas jalan ruas Muara Situlen-Gelombang tesrebut, telah dilaporkan pada pihak pengelola ruas jalan provinsi yang masih berada di bawah dinas PUPR Aceh.

Berdasarkan jawaban surat yang dikirimkan, untuk penanganan awal terhadap putusnya jalan di Box Culvet KM 19, Pihak PUPR Provinsi Aceh melalui UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah V, Muzdi Misbach, sedang mencari alat berat untuk memperbaiki ruas jalan provinsi yang amblas ke dasar jurang tersebut. Tujuannya selain menormalkan badan jalan yang longsor, juga untuk melakukan pembersihan beberapa titik longsor dan badan jalan yang amblas di ruas jalan provinsi Muara Situlen-Gelombang.

Paska terjadinya banjir sungai dan banjir bandang, terang Nazmi, banjir juga menyebabkan objek wisata Lawe Sikap, porak poranda akibat meluapnya sungai Lawe Sikap, bahkan di kawasan wisata yang juga merupakan sumber air PDM Tirta Agara, fasilitas PDAM rusak berat dan puluhan pondok wiisata favorit warga dan rumah warga hanyut terseret arus sungai.

Selain itu, pada Selasa (19/4) malam, air sungai Lawe Tuban (Lawe kinga) meluap dan menyebabkan puluhan rumah warga di Desa Kuning dan desa sekitranya terendam banjir sungai.(b16)

Ket foto: Warga bersama aparat Kodim 0108 Agara, membantu pengguna roda dua yang melintasi jalan sempit. Tingginya cuarah hujan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan badan jalan ruas Provinsi Muara Situlen- Gelombang di kawasan Desa Tuah Kekhine amblas ke dasar jurang, Selasa (19/4) petang. Waspada/Ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.