Waspada
Waspada » Bangunan Pasar Rakyat Di Bener Meriah Belum Difungsikan
Aceh

Bangunan Pasar Rakyat Di Bener Meriah Belum Difungsikan

Pasar Rakyat terletak di Kampung Pasar Simpang Tiga, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Waspada/Eri Tanara

REDELONG (Waspada): Bangunan Pasar Rakyat di Kampung Pasar Simpang Tiga, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh hingga saat ini belum difungsikan.

Amatan Waspada Rabu (1/6) Bangunan yang bersumber dari APBN pada tahun 2018 hingga menelan biaya Rp 5,6 miliar itu tampak tidak terurus.

Di sekeliling bangunan sudah ditumbuhi rumput menjalar, bahkan sebagian atap bangunan sudah mulai bocor, belum lagi cat tembok rapuh serta pintu masuk sudah tampak rusak.

Salah seorang warga, Iwan Kurnia di lokasi bangunan mengatakan, gedung pasar rakyat tersebut seharusnya difungsikan sejak proyek tersebut selesai.

“Ini kan terkesan terbengkalai. Bayangkan jika beberapa tahun lalu pasar ini sudah difungsikan, tentunya PAD kita pasti bertambah. Jadi saya berharap Pemkab Bener Meriah agar segera memfungsikan pasar ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Abdul Kadir saat dikonfirmasi Waspada mengatakan, pihaknya akan memfungsikan pasar tersebut setelah dilakukan perenovasian.

“Masih ada yang harus direnovasi diantaranya pemasangan lampu, air bersih, perbaikan atap bangunan sebagian bocor, begitu juga pintu harus diperbaiki,” sebutnya.

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya sedang membuka akses jalan alternatif untuk menuju pasar rakyat tersebut.

“Itu sudah dilakukan, hanya saja pihak kita harus membangun jembatan tepatnya di depan pasar tersebut. Intinya akses jalan menuju kesana belum dapat dilalui,” kata Abdul Kadir.

Dikatakan, fasilitas bangunan tersebut diperkirakan akan rampung pada pertengahan bulan Agustus 2021 mendatang dan sudah masuk tahap proses tender.

“Insya Allah tahun ini sudah dapat difungsikan. Nantinya pasar tersebut hanya berfungsi tempat penjualan ikan serta daging dan bukan untuk pasar sayur,” katanya. (cet)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2