Aroma Busuk, Ternyata Bunga Bangkai Tumbuh Di Pekarangan Rumah

- Aceh
  • Bagikan
Wira, mengangkat batang dan umbi membuktikan bunga bangkai yang tumbuh dipekarangan rumahnya, Jumat (20/3). Waspada/Arief H
Wira, mengangkat batang dan umbi membuktikan bunga bangkai yang tumbuh dipekarangan rumahnya, Jumat (20/3). Waspada/Arief H

SINGKIL (Waspada): Tak disangka, sebatang bunga bangkai berwarna keunguan dan merah hati, tumbuh subur di pekarangan rumah warga Dusun Tran Nelayan Desa Suka Damai Kec. Singkil Aceh Singkil.

Bunga bangkai langka yang mengeluarkan aroma busuk, berdiri tegak persis diantara pohon durian dan rimbang milik warga Suka Damai dan menjadi perhatian warga. Bunga itu mencapai ketinggian hingga 175 cm, melebihi tinggi pengunjung yang berdiri. Dengan batang berwarna hijau corak putih dan kelopak luar berwarna hijau.

Wira, 37, pemilik rumah yang ditumbuhi bunga bangkai itu mengaku heran sejak dua hari terakhir ini. Lantaran dari dalam rumah hingga pekarangan rumah tercium aroma bangkai.

Mereka menduga ada ayam yang mati di sekitar lingkungan rumahnya. Anehnya saat diperiksa, sekeliling rumah tak ditemui bangkai ayam.

Keesokan harinya aroma tak sedap semakin menyengat, lantas pemilik rumah berusaha mencari keberadaan bangkai tersebut.

Mereka pun terkejut, saat aroma itu tercium keluar dari kelopak bunga berukuran besar. Dari kelopak bunga yang baru mekar itu pun terlihat dikerumuni lalat dan serangga.

Akhirnya mereka pun memanggil salah seorang warga yang merupakan mahasiswa pertanian. Dan meyakini bahwa bunga tersebut merupakan bunga bangkai.

“Kata anak mahasiswa yang tinggal dekat sini, kalau diangkat tidak ada akar ya pasti bunga bangkai. Saat diangkat benar tidak ada akar,” ucap Wira kepada Waspada, Jumat (20/3).

Wira mengakui tidak tau kapan bunga itu mulai tumbuh. Namun diperkirakan sejak seminggu terakhir sudah tumbuh dan baru mekar tiga hari terakhir. Karena baru tercium aroma busuk setiap pagi tiga hari ini. “Awalnya saya juga tidak tau bunga apa, tapi yang jelas bau bangkai,” ucap seorang wiraswasta ini.

Mahasiswa itu juga tidak tau jenis bunga bangkai apa. Namun yang jelas bunga bangkai ini banyak jenisnya.
“Saya cium batang dan putiknya tidak bau, tapi dari kelopaknya keluar aroma busuk yang sangat menyengat,” ujarnya.

Informasi dihimpun Waspada bunga bangkai dengan memiliki batang yang menjulang tinggi, diperkirakan jenis Amorphollaus Gigas. Bunga bangkai jenis ini juga dapat mencapai ketinggian hingga mencapai hampir 4 meter. (Cah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.