Antisipasi Buang Sampah Sembarangan Satpol Dan Petugas Disiagakan

- Aceh
  • Bagikan
Geuchik Gampong Sungai Pauh, Aguslim Tanjong, saat memantau dan membersihkan sampah di perempatan jalan Kuala Langsa, Rabu (19/1).Waspada/Rapian
Geuchik Gampong Sungai Pauh, Aguslim Tanjong, saat memantau dan membersihkan sampah di perempatan jalan Kuala Langsa, Rabu (19/1).Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada) : Untuk mengantisipasi pembuangan sampah sembarangan yang dilakukan oleh warga, tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan petugas Dinas Kebersihan Kota Langsa siaga di beberapa titik yang sering dibuang sampah oleh warga secara serampangan, Rabu (19/1).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa, Ridwanullah SSTP MSP, yang dihubungi oleh wartawan membenarkan bahwa sejak sebulan ini petugas standby di lokasi yang sering dibuang sampah oleh warga.

Adapun titik lokasi yang acap sekali dibuang sampah seperti di persimpangan empat jalan Kuala Langsa, Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat, yang terjadi tumpukan sampah menggunung, selain bau sampah yang menyengat hidung juga terlihat kumuh.

“Kita tugaskan tim di beberapa lokasi pembuangan sampah pada simpang empat Kuala, sepanjang badan jalan Sudirman dan beberapa titik lainnya untuk berjaga agar warga tidak lagi buang sampah sembarangan,” jelas Ridwanullah.

Kepala DLH Kota Langsa, Ridwanullah SSTP MSP, saat memberikan edukasi kepada warga agar tidak lagi membuang sampah di perempatan jalan Kuala Langsa, Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat, Rabu (19/1).Waspada/Rapian

Hal lain, katanya, sekarang ini warga tidak diperbolehkan lagi membuang sampah sembarangan demi terciptanya gampong peduli kebersihan lingkungan, oleh karenanya semua eleman harus bersinergi dengan Pemko Langsa terkait kebersihan.

“Kita minta warga cukup menaruh sampah dalam kantong plastik di depan rumahnya masing-masing yang nantinya ada petugas gampong yang angkut sampah untuk dibuang ke depo sampah di Gampong Pondok Pabrik,” terangnya.

Lanjutnya, persoalan sampah ini bukan saja menjadi tanggung-jawab pihak DLH saja melainkan tanggung jawab bersama agar Kota Langsa jauh lebih indah dan asri dari sampah rumah tangga.

“Nantinya pihak petugas angkut sampah di setiap gampong yang angkut sampah akan membuangnya ke Depo sementara di Pondok Pabrik,” ucapnya.

Pun demikian, kesadaran setiap warga dalam membuang sampah juga harus menjadi prioritas bersama, apabila belum ada petugas gampong maka disarankan agar membuang pada bak sampah yang telah ditentukan atau kalau memungkinkan langsung ke depo di Pondok Pabrik.

“Kita imbau warga sadar arti sebuah kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman juga mendongkrak Kota Langsa sebagai kota wisata,” paparnya.

Terpisah Geuchik Gampong Sungai Pauh, Aguslim Tanjong, menyatakan bahwa setiap harinya selalu memberikan sosialisasi dan edukasi agar warga tidak lagi membuang sampah pada perempatan jalan Kuala Langsa itu, selain bau juga terkesan kumuh.

Kemudian, terkait sampah ini adalah melanjutkan instruksi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa mengenai kebersihan gampong untuk mendukung program kebersihan Kota Langsa gampong peduli dengan kebersihan lingkungan. Untuk itu Pemerintah Gampong Sungai Pauh bersama DLH Kota Langsa dan Satpol-PP membersihkan tumpukan sampah yang berada di bahu jalan persimpangan empat Gampong Sungai Pauh tepatnya di Jl. Iskandar Sani RT 001 Dusun Delima Gampong Sungai Pauh.

Selain itu Pemerintah Gampong se-Kota Langsa sedang berupaya mengatasi volume sampah harian yang dihasilkan oleh masyarakat, pelaku usaha, perkantoran dan sebagainya untuk dapat dibawa ke depo sampah atau tempat pembuangan akhir dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung rutinitas pengutipan sampah agar lingkungan gampong tidak tercemar, bersih dan sehat.

“Mari bersama menjaga kebersihan gampong selain indah juga anjuran agama Islam,” pungkas Aguslim. (crp).



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.