Waspada
Waspada » Angin Kencang dan Badai, Ponton Dermaga Balohan Sabang Terhempas
Aceh Headlines

Angin Kencang dan Badai, Ponton Dermaga Balohan Sabang Terhempas

Angin kencang dan badai menghempas ponto dermaga kapal cepat Balohan Sabang nyaris putus . Waspada/T.Zakaria Al Bahri
Angin kencang dan badai menghempas ponto dermaga kapal cepat Balohan Sabang nyaris putus . Waspada/T.Zakaria Al Bahri

SABANG (Waspada): Angin kencang dan badai menghempas ponton dermaga Balohan Sabang sehingga terlepas dari rangkaian tiang penyangga dan nyaris tenggelam.

Terlepasnya ponton dermaga apung ini disebabkan tiupan angin kencang dan tingginya gelombang yang menghantam ponton tersebut tadi malam.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan Sabang Agustiar, S.S.T,Mar kepada wartawan mengatakan, ponton dermaga apung sudah terlepas dari tiang pancang sejak kemarin sore.

Malam harinya kondisi cuaca semakin buruk sekira pukul 21.30 Wib yang meyebabkan ponton tersebut nyaris tenggelam.

“Sejak pukul 18:00 kemarin ponton sudah terlepas dan malamnya pada pukul 21:30 cuaca semakin buruk hingga ponton nyaris tenggelam,” kata Agustiar, Minggu (23/2).

Dijelaskannya, kondisi cuaca buruk dalam beberapa hari ini sangat mengganggu alur penyeberangan dari dan ke Sabang – Banda Aceh.

Bahkan pada Jumat dan Sabtu untuk keberangkatan kapal cepat dan kapal Roro sempat dihentikan.

Pada saat kejadian pihaknya tidak bisa berbuat banyak, pihaknya hanya mengikatnya dengan tali agar tidak hanyut terbawa arus.

Kata dia, untuk pagi kapal tetap melakukan penyeberangan tetapi bila siang cuaca kembali memburuk pihaknya akan menghentikan pelayaran.

Pada saat yang hanpir bersamaan Supervisi Lintas Uleelheue – Balohan ASDP Aceh Husaini mengatakan, tidak ada penumpukan kendaraan dan penumpang di pelabuhan.

Kendaraan roda dua dan roda empat serta penumpang kapal semua terangkut pada trip pertama PP.

Hanya tinggal empat unit mobil pribadi saja yang tidak bisa kita angkut karena muatan kapal sudah penuh,” ujar husaini.

“Untuk hari minggu pelayaran direncanakan tiga trip, akan tetapi juga melihat kondisi cuaca selanjutnya apabila memungkinkan untuk dilakukan pelayaran maka kapal akan kita berangkatkan, tapi apabila kondisi cuaca memburuk maka akan kita lanjutkan besok hari,” tutupnya. (B31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2