Anak Lahir Di RSUD Langsa Langsung Dapat Akte Kelahiran Gratis

Anak Lahir Di RSUD Langsa Langsung Dapat Akte Kelahiran Gratis

  • Bagikan
Direktur RSUD Langsa, dr. Helmiza Fahry, Sp.OT dan Kadisdukcapil, Drs H Ibrahim Latief MM saat menyerahkan Akte Kelahiran, KK dan KIA baru secara gratis kepada Fahrul Razi di Ruang Bersalin RSUD Langsa, Senin (24/5). Anak Lahir Di RSUD Langsa Langsung Dapat Akte Kelahiran Gratis. Waspada/Rapian
Direktur RSUD Langsa, dr. Helmiza Fahry, Sp.OT dan Kadisdukcapil, Drs H Ibrahim Latief MM saat menyerahkan Akte Kelahiran, KK dan KIA baru secara gratis kepada Fahrul Razi di Ruang Bersalin RSUD Langsa, Senin (24/5). Anak Lahir Di RSUD Langsa Langsung Dapat Akte Kelahiran Gratis. Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada): Direktur RSUD Langsa, dr. Helmiza Fahry, Sp.OT didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Langsa (Disdukcapil), Drs H Ibrahim Latief MM menegaskan, anak yang lahir Di RSUD Langsa akan langsung mendapatkan akte kelahiran secara gratis.

Hal itu diutarakannya saat penyerahan langsung Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Indentitas Anak (KIA) baru secara gratis kepada warga, di ruang Bersalin RSUD Langsa, Senin (24/5).

Menurut dr Helmiza Fahry, Sp.OT, dengan diberikan langsung Akte Kelahiran, KK dan KIA ini merupakan implementasi dari penandatanganan kerja sama antara RSUD Langsa dengan Disdukcapil Kota Langsa dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan ini agar masyarakat Kota Langsa akan merasa puas dan senang dengan pelayanan publik yang diberikan sehingga terwujudnya pelayanan yang cepat, bersih, dan prima.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Dukcapil dan juga kepada Pemerintah Kota Langsa yang sudah terjalin kerjasama,” terang Helmiza.

Di samping itu juga pemberian secara langsung dan cepat berupa Akte Kelahiran, KK dan KIA merupakan program visi dan misi Wali Kota Langsa dalam menyiapkan administrasi yang cepat kepada masyarakat Kota Langsa.

“Setiap bayi baru lahir mendapat Akte Kelahiran, KK dan KIA secara cepat dan mudah serta gratis,” terang Helmiza.

Hal senada diutarakan Kadisdukcapil Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latief MM, dengan adanya kerjasama ini akan memberi respon yang positif terhadap layanan kepada publik dan juga memberikan kemudahan kepada warga Langsa dalam menerbitkan akte kelahiran maupun yang lainnya.

“Kita sangat respon atas MoU ini, semoga ke depan layanan jauh lebih baik di RSUD Langsa maupun di Disdukcapil,” papar Wak Him sapaan akrabnya Ibrahim Latief.

Lalu, setiap masyarakat Kota Langsa yang melahirkan di RSUD Langsa akan diberikan tiga dokumen berupa Akte Kelahiran, KK dan KIA secara gratis.

“Kita berikan tiga dokumen sekaligus kepada warga yang baru melahirkan dan tidak perlu repot-repot datang ke Disdukcapil dan yang terpenting tidak ada pungutan biaya alias gratis,” tegas Wak Him.

Harapan ke depan, dengan adanya layanan ini semoga warga Kota Langsa terlayani dengan baik dan bila ada yang meminta biaya bisa melaporkan langsung ke Disdukcapil.

“Kami siap menerima laporan warga apabila ada yang mengutip biaya pembuatan Akte Kelahiran, KK maupun KIA, no biaya no pungli,” papar Wak Him.

Sementara itu, Fahrul Razi, warga yang menerima Akte Kelahiran, KK dan KIA baru untuk anaknya yang baru lahir menyatakan sejauh saat ini layanan yang diberikan oleh RSUD Langsa sudah baik dalam hal pelayanan kesehatan maupun administrasi yang cepat dan gratis.

“Alhamdulilah anak saya bisa lahir dengan selamat dan bisa langsung mendapatkan Akte Kelahiran dan tak perlu repot-repot lagi mengurusnya,” tukas Fahrul.

Kegiatan penyerahan disaksikan oleh Konsultan Hukum RSUD Langsa, Zulfahriza, SH, Kabag Penyusunan Program, Harris Gusnally, SE, Kasubbag Umum dan Perlengkapan, RSUD Langsa TA Malik, SSos, serta jajaran staf RSUD Langsa dan Disdukcapil Kota Langsa. (crp)

  • Bagikan