Aceh Timur Usul Dua Produk Unggulan Ke HaKI - Waspada

Aceh Timur Usul Dua Produk Unggulan Ke HaKI

  • Bagikan

IDI (Waspada): Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Aceh Timur, mengusulkan dua produk unggulan dalam inventarisasi Hak Kekayaan Intelektual (HaKI).

“Produk unggulan yang kita usul itu yakni terawang tikar tujuh lapis yang merupakan anyaman tikar warisan budaya daerah kita,” kata Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur, Nazarina, kepada Waspada.id, Minggu (17/10).

Dikatakan, pihaknya mengusulkan anyaman tikar terawang tujuh lapis itu dikarenakan kerajinan tangan ini juga banyak diincar pasar Internasional. “Apalagi hasil kerajinan tangan ini terjual mahal di pasaran dan kerap dicari masyarakat Internasional dalam setiap event pameran dalam dan luar Aceh,” sebut dia.

Nazarina menambahkan, anyaman tersebut juga disukai dan digemari masyarakat, baik dalam atau luar Aceh Timur, karena kerajinan ini juga sudah termasuk barang langka. “Meskipun langka, namun hingga saat ini budaya sejak zaman dahulu kala itu saat ini masih dilakukan para pengrajin dari kalangan nyak-nyak atau kaum hawa di Aceh Timur,” terang dia.

Selain tikar anyaman, Nazarina juga mengusulkan produk pisang sale ke HaKI. Dia beralasan pisang sale merupakan ciri khas Aceh Timur dari zaman dulu sampai sekarang. “Apalagi Aceh Timur juga merupakan pusat pisang sale terbesar se-Aceh yakni di Lhoknibong,” kata dia.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur, Iskandar, menambahkan, pengusulan tersebut supaya produk-produk unggulan di Kabupaten Aceh Timur semakin berkembang, salah satunya memberi perlindungan hukum di HaKI.

“Pelindungan terhadap HaKI ini juga dapat mencegah terjadinya kerugian saat kekayaan intelektual kita diakui pelaku usaha lain. Maka dari itu kami mengusulkan produk ini agar merek kita yang sudah terkenal, tidak ada orang yang bisa memanfaatkan merek tersebut,” sebut Iskandar. (b11).

Keterangan Foto : TIKAR ANYAMAN: Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur, Nazarina (kanan) melihat tikar anyaman yang diusul Pemkab Aceh Timur, ke HaKI. Foto diambil, Jumat (15/10). Waspada/M. Ishak

  • Bagikan