Aceh Timur Miliki Fasilitas PCR Seharga Rp2,2 Miliar - Waspada

Aceh Timur Miliki Fasilitas PCR Seharga Rp2,2 Miliar

- Aceh
  • Bagikan

IDI (Waspada): RSUD Dr Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur, kini memiliki fasilitas dan alat uji PCR seharga Rp2,2 miliar bantuan dari PT Medco EP Malaka. Peralatan iti diharap dapat mencegah dan menekan angka penularan dan penyebaran wabah COVID-19 di daerah itu.

“Di Aceh hanya empat rumah sakit yang memiliki fasilitas dan alat uji PCR seperti ini yaitu RSU-ZA Banda Aceh, RSUD Datu Beru Takengon, RSUD Langsa dan kita,” ujar Direktur RSUD Dr Zubir Mahmud Aceh Timur Dr H Edi Gunawan MARS, menjawab Waspada.id, usai peresmian fasilitas dan alat uji PCR, Sabtu (29/8) di Idi.

Keberadaan alat uji PCR tersebut, lanjut dia, tentu akan memudahkan pihaknya dalam melakukan uji PCR dan tentu tidak lagi proses tes dibawa ke RSU-ZA Banda Aceh. “Sekarang kita bisa lebih cepat dan akurat mendeteksi disaat masyarakat teridentifikasi COVID-19,” ujar Edi.

Bantuan Rp2,2 miliar tersebut bukan sebatas pengadaan peralatan, tetapi Edi menyebutkan, dimanfaatkan untuk merehab ruangan yang sesuai dengan standar sebuah ruangan uji tes PCR. “Jadi, sekarang Aceh Timur telah memiliki alat uji tes PCR milik sendiri yang merupakan bantuan Medco,” tutur Edi.

Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib atau Rocky, dalam sambutan sebelumnya mengaku, alat tersebut sangat dibutuhkan pihaknya, agar dapat segera mendeteksi penularan wabah COVID-19. “Jika hasilnya segera diketahui, maka penanganan juga dapat segera dilakukan oleh tim kesehatan di daerah ini,” sebut Rocky.

Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan, dalam sambutan sebelumnya mengatakan, penyerahan fasilitas dan alat uji PCR ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pihak perusahaan dalam mendukung upaya Pemerintah dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami berharap alat ini dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari upaya kita semua untuk membantu masyarakat Aceh Timur, terutama di masa pandemi” katanya seraya menyebutkan, pihak perusahaan juga telah membantu dan menyalurkan bantuan lain dalam penanganan dampak sosial akibat pandemi. (b11).

Keterangan foto: BUPATI ROCKY, didampingi ulama kharismatik Aceh, Abu Keude Dua (Tgk H Abdul Wahab), dan pihak manajamen PT Medco EP Malaka, saat meresmikan Fasilitas Peralatan Uji PCR di RSUD-ZM Aceh Timur di Idi, Sabtu (29/8). Waspada/M Ishak.

  • Bagikan