Waspada
Waspada » Aceh Timur Belum Bisa Ambil Sampel Swab Pasien Corona
Aceh

Aceh Timur Belum Bisa Ambil Sampel Swab Pasien Corona

Waspada/Ist dr H Edi Gunawan MARS, juru bicara Covid 19 Aceh Timur yang juga Direktur RSZM Idi,

IDI (Waspada): Aceh Timur belum bisa ambil sampel swab pasien Corona. Ini karena Aceh Timur belum punya sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas lengkap untuk mengambil sampel swab pasien yang terindikasi Corona.

“Swabset-nya sudah dikirim oleh provinsi dan sudah ada di RS Zubir Mahmud (RSZM) Idi. Tapi, VTM atau virus transfer media nya kita belum punya,” kata dr H Edi Gunawan MARS, juru bicara Covid 19 Aceh Timur yang juga Direktur RSZM Idi, Minggu (19/4).

Edi menambahkan, meski Aceh Timur belum bisa ambil sampel swab pasien Corona, Dinkes Provinsi Aceh berjanji akan membantu juga VTM untuk RSZM.

Namun, tabung untuk menampung sampel cairan dari hidung dan tenggorokan pasien terindikasi Covid 19 tersebut, baru akan diserahkan bersamaan dengan pelatihan pengambilan Swab untuk petugas RSZM.

“Pelatihan tersebut rencananya akan digelar di Rumah Sakit Zainal Abidin (RSZA) Banda Aceh. Sekarang masih dalam proses persiapan oleh pihak Dinkes Aceh,” sebut Edi.

Masih menurut Edi Gunawan, Pemkab Aceh Timur sendiri sebenarnya juga sudah memesan VTM melalui e-katalog. Sayangnya, barang tersebut belum sampai dikirim oleh distributor.

Lebih Akurat
Di kalangan medis, tes Swab disebut juga Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction atau RTPCR. Hasil tes ini diklaim lebih akurat dari hasil tes cepat atau RapidTest.

Bahkan, seseorang yang sudah dinyatakan positif covid 19 berdasarkan hasil rapidtest, bisa saja terbukti positif lewat tes swab atau RTPCR. Begitupula sebaliknya.

Khusus di Aceh, sampel swab pasien terindikasi Corona, kini tidak perlu lagi dikirim ke Jakarta.

Aceh sudah punya Laboratorium sendiri, di Aceh Besar. Lab ini diresmikan oleh Plt Gubernur Nova Iriansyah, 16 April 2020.

Dan dengan beroperasinya laboratorium ini, hasil uji swab yang sebelumnya baru keluar sepekan setelah sampel dikirim, kini bisa dipersingkat maksimal hanya dalam waktu dua hari.(b19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2