banner 325x300

Aceh Tenggara Raih WTP 4 Kali Berturut-turut

  • Bagikan
Diapit Bupati Agara, H. Raidin Pinim (kanan) dan Ketua DPRK Deni Febrian Roza, (kiri), Ketua BPK RI Perwakilan Aceh Foto bersama usai menyerahkan LHP Opini WTP terhadap Pemkab Aceh Tenggara Tahun Anggaran 2020. Waspada/Ist
Diapit Bupati Agara, H. Raidin Pinim (kanan) dan Ketua DPRK Deni Febrian Roza, (kiri), Ketua BPK RI Perwakilan Aceh Foto bersama usai menyerahkan LHP Opini WTP terhadap Pemkab Aceh Tenggara Tahun Anggaran 2020. Waspada/Ist

 

KUTACANE (Waspada) : Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara kembali mengukir prestasi gemilang dan membanggakan setelah berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Aceh atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Tahun 2020.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan tahun anggaran 2020 diserahkan langsung Ketua BPK Perwakilan Aceh, Arif Agus kepada Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim didampingi Ketua DPRK, Deni Febrian Roza di Gedung BPK RI Perwakilan Aceh, Senin (3/5).

Sekdakab Muhammad Ridwan didampingi Kepala Inspektorat Aceh Tenggara, Abdul Kariman kepada Waspada via telepon selular, Senin (3/5) mengatakan, dengan raihan opini WTP dari BPK RI tersebut, Aceh Tenggara berhasil meraih 4 kali opini WTP tanpa terputus-putus.

Sebelumnya, di tahun 2017, 2018 dan tahun 2019 lalu, Aceh Tenggara juga berhasil meraih prestasi membanggakan karena mengantongi predikat Opini WTP dari BPRK RI atas Laporan Pengelolaan Keuangan Pemkab Aceh Tenggara.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Aceh, Arif Agus mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan BPK RI bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan.

Besarnya manfaat yang diperoleh dari pemeriksaan ini, tidak terletak pada temuan pemeriksaan yang dilaporkan atau rekomendasi yang dibuat, namun pada efektivitas pimpinan pemerintah daerah dalam menindaklanjuti rekomendasi serta menciptakan dan memelihara suatu proses dan sistem informasi.

Ketua DPRK Aceh Tenggara, Deni Febrian Roza dalam sambutannya uai melakukan Serah Terima Hasil Laporan Pemeriksaan BPK RI terhadap laporan Keuangan Pemerintah Daerah LKPD) Tahun Anggaran 2020 menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan yang dilakukan pihak BPK RI tersebut.

Namun demikian berdasarkan Temuan Pemeriksaan (TP) masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti demi perbaikan ke depan.

“Selanjutnya dalam menindaklanjuti temuan-temuan tersebut diharapkan kepada tim tindaklanjut menyusun Rencana Aksi (Action Plan) yang dalam implementasinya, kami mohon bimbingan dan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan, agar tindak lanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat waktu,” ujarnya.

“Selanjutnya selaku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terkait fungsi pengawasan secara jelas diatur dalam pasal 153 UU Nomor 23 Tahun 2014 ,karena itu pengawasan yang dilakukan DPRK K salah satunya pelaksanaan tindaklanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan, sebab itu kami juga akan memantau terhadap perkembangan tindaklanjut tersebut,” pungkas Deni.(b16)

 

  • Bagikan