Waspada
Waspada » Aceh Besar Salurkan Bantuan Untuk Warga
Aceh

Aceh Besar Salurkan Bantuan Untuk Warga

Bupati Mawardi Ali bersama unsur Fokopimda Aceh Besar mengecek beras bantuan Pemkab yang akan disalurkan kepada warga terdampak Covid-19, Kamis (23/4) di pos induk Damkar BPBD Aceh Besar, Sibreh, Kecamatan Suka Malmur. Waspada/Muhammad Zairin/B

KOTA JANTHO (Waspada): Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mulai salurkan 17 ribu paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di 23 kecamatan, dari 25.000 paket bantuan bahan pokok kepada masyarakat terdampak Covid-19 Kabupaten Aceh Besar Tahun 2020.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali secara simbolis menyerahkan bantuan paket itu kepada tiga kecamatan saat peluncuran 25 ribu paket bantuan kebutuhan pokok masyarakat terdampak Covid-19, Kamis (23/4) di pos induk Damkar BPBD Aceh Besar, Sibreh, Kecamatan Suka Makmur.

“Bantuan paket bahan pokok ini bukan kepada warga yang terpapar, tapi kepada warga yang terdampak Covid-19, seperti orang yang dulunya berpenghasilan sekarang tidak lagi,” terang Bupati Mawardi Ali pada peluncuran paket bantuan tersebut.

Kriteria penerima bantuan itu, sambung Mawardi, ditentukan oleh tim dan harus jelas identitas dan alamatnya. “Penerima paket bantuan ini bukan peserta program keluarga harapan (PKH) dan
penerima bantuan pangan non tunai (BPNT),” ungkapnya.

Kata Mawardi, penerima PKH dan BNPT itu sudah diberikan pemerintah pusat yang ditambah Rp.600.000 perbulan untuk tiga bulan. “Jadi ini tidak boleh beradu dengan bantuan top up yang disiapkan Pemkab Aceh Besar dengan penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pusat,” tegasnya.

Karena itu, sebut Mawardi, penerima paket bantuan pokok dari Pemkab Aceh Besar ini benar-benar warga yang terdampak Covid-19. “Untuk tahap pertama baru 17 ribu penerima, selanjutnya akan dievaluasi lagi,” imbuhnya.

Pihaknya merencanakan pembagian paket sembako itu akan dilakukan tiga kali, jelang puasa, puasa dan jelang hari hari raya. “Ini memang tidak cukup dengan bantuan pemerintah saja, tapi butuh kepedulian saudara-saudara kita yang berada untuk saling membantu,” cetusnya.

Karena itu, Bupati Mawardi Ali mengharapkan masyarakat Aceh Besar yang mempunyai kelebihan untuk saling membantu kepada orang yang terdampak wabah Corona ini. “Budaya kita gotong royong, saling membantu, maka kita imbau masyarakat untuk peduli membantu menghadapi wabah ini,” harapnya.

Sebelumnya, Kadinsos Aceh Besar, Jamaluddin melaporkan tahap pertama bantuan paket bahan pokok akan disalurkan kepada 17.324 warga penerima di 23 kecamatan dengan nilai per paket Rp.198.940 dari Rp.200.000 yang dianggarkan.

Paket tersebut terdiri dari beras 10 kilogram, gula pasir dua kilogram, minyak goreng dua liter dan empat bungkus mie instan.

Pada kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, perwakilan Kapolres dan Kajari Jantho melakukan pengecekan mata barang isi paket yang disalurkan. “Beras premium Blang Bintang kualitas nomor satu,” jawab Jamaluddin Kadinsos saat ditanya Bupati Mawardi Ali.

Kemudian Bupati Aceh Besar juga membuka bungkusan yang berisi minyak goreng, gula pasir dan mie instan serta memperlihatkan kepada unsur Forkopimda Aceh Besar. “Ini minyak goreng bimoli, gula dan mie instan,” sebut Mawardi. (b06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2