Waspada
Waspada » Aceh Berduka, Ulama Kharismatik Wafat
Aceh

Aceh Berduka, Ulama Kharismatik Wafat

Tgk H Abdullah Rasyid, ulama kharismatik Aceh dan juga anggota MPU Aceh serta Pimpinan Dayah Darul Muta'alimin Peureulak Timur. Waspada/Ist

 

PEUREULAK (Waspada): Aceh kembali berduka. Tgk. H. Abdullah Rasyid, salah seorang ulama kharismatik asal Aceh Timur, meninggal dunia, Selasa (4/5) sekira pukul 23:05.

Kabar duka meninggalnya Pimpinan Dayah Darul Muta’alimin itu beredar cepat melalui berbagai pesan media sosial. Abu Lah Kruet Lintang (sapaan Tgk H Abdullah Rasyid) meninggal dunia di RSUD-SAAZ Peureulak.

Meskipun lebih muda dari sejumlah ulama kharismatik Aceh lainnya di Aceh, namun Ayah dari Tgk Ikhsani itu merupakan ulama yang segani di Aceh dan luar Aceh.

Bahkan Abu Lah kerap mengisi tausiah dan materi muzakarah ulama se-Aceh di sejumlah kabupaten/kota di Aceh, termasuk mengisi pengajian akbar.

Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh itu juga semasa hidupnya dikenal sosok ulama yang cepat akrab dengan siapapun, termasuk insan pers, sehingga para kuli tinta tidak segan-segan dalam menghubunginya via telepon genggamnya guna untuk kebutuhan karya jurnalistik.

“Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Tgk H Abdullah Rasyid atau Abu Lah, telah dipanggil sang khaliq, sekira pukul 23:05 di RSUD-SAAZ Peureulak.”

“Semoga husnul khatimah dan insya Allah surga menantinya, apalagi Abu Lah meninggalkan kita semua sudah memasuki 10 akhir di bulan Ramadhan,” demikian antara lain bunyi pesan WhatsApp di Gruop PC Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Darul Aman, Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib atau Rocky, dikenal akrab dengan Abu Lah semasa hidupnya.

Bahkan Rocky hampir setiap Ramadhan memenuhi undangan dan menikmati hidangan berbuka puasa bersama Abu Lah di Komplek Dayah Darul Muta’alimin Peureulak Timur.

Mendapat kabar duka itu, Rocky mengajak umat Islam khususnya masyarakat di Aceh Timur untuk membacakan ulumul Alquran (surat Alfatihah–red) dan diniatkan khusus untuk almarhum Tgk H Abdullah Bin Tgk Rasyid.

“Semoga Abu Lah mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya, amin ya rabbal ‘alamin,” tulis Rocky.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, proses fardhukifayah almarhum Abu Lah akan dilaksanakan pagi ini di rumah duka.

Rencananya, setelah disalatkan, jenazah Abu Lah akan di makamkan di Komplek Dayah Darul Muta’alimin, Desa Kruet Lintang, Peureulak Timur, Aceh Timur. (b11).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2