Waspada
Waspada » Abusyik Edukasi Petani Gunakan Pupuk Alam
Aceh Ekonomi

Abusyik Edukasi Petani Gunakan Pupuk Alam

Bupati Pidie Roni Ahmad biasa disapa Abusyik sedang melakukan edukasi terhadap para petani kebun di kawasan perkebunan Cot Mamplam, Kecamatan Titeu Keumala, Kabupaten Pidie. Selasa (9/3). Abusyik Edukasi Petani Gunakan Pupuk Alam. Waspada/Muhammad Riza
Bupati Pidie Roni Ahmad biasa disapa Abusyik sedang melakukan edukasi terhadap para petani kebun di kawasan perkebunan Cot Mamplam, Kecamatan Titeu Keumala, Kabupaten Pidie. Selasa (9/3). Abusyik Edukasi Petani Gunakan Pupuk Alam. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Bupati Pidie Roni Ahmad, SE (Abusyik) mengedukasikan petani cara menggunakan pupuk alam di perkebunan Cot Mamplam, Gampong Blang Tho, Kecamatan Titeu, Selasa (9/3).

Abusyik hadir di kawasan pedalaman Kecamatan Titeu tersebut didampingi sejumlah pejabat, diantaranya, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir Sofyan Ahmad, Asisten II Buchari AP, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Safrizal, SSTP, Mec Dev, Kepala Dinas Perhubungan Jufrizal, S.Sos, M.Si dan Camat Titeu Cut Maitriani SSTP, M Eng.

Pantauan Waspada.id, dalam kegiatan itu Abusyik juga menyerap aspirasi dan mendengarkan keluhan para petani untuk dicarikan solusinya serta melakukan makan siang bersama warga dan petani dengan menu sangat sederhana berupa kuah gulai pliek u, ikan asin dan teri sambal lado. Hebatnya, dalam kesempatan itu Abusyik sediri yang langsung melayani dengan membagi-bagikan nasi kepada warga, para petani dan para pejabat yang hadir.

Bupati Pidie Roni Ahmad, SE mengatakan, sektor perkebunan, pertanian dan perikanan merupakan ruhnya masyarakat Pidie. Bagi para pelaku usaha di tiga sektor itu memiliki tanggung jawab besar terhadap kesehatan warga Pidie. Kesalahan pola tanam sebut Abusyik, mengantar masyarakat ke rumah sakit. Hal itu sebut dia karena akibat mengonsumsi buah-buahaan dari hasil pola tanam yang salah karena menggunakan bahan kimia, begitupun dengan ikan akibat menggunakan zat kimia seperti formalin.

Dampak dari penggunaan bahan-bahan kimia pada tanaman dan ikan atau makanan, tidak hanya berdampak buruk pada tubuh manisia jika dikonsumsi, tetapi juga berimbas pada perusakan alam. “Padahal hasil alam itu dimanfaatkan oleh semua mahkluk ciptaan Allah SWT, termasuk juga kita selaku manusia. Karena itu mari kita mulai sekarang tinggalkan penggunaan zat-zat kimia pada tanaman dan semua jenis makanan, mari kita kembali ke alam,” imbaunya.

Mengubah Perilaku

Bupati Pidie Roni Ahmad, mengungkapkan bahwa kegiatan edukasi tersebut dilakukan dalam upayanya mengubah perilaku masyarakat dari ketergantungan pupuk dan pestisida kimia ke arah sistem budidaya pemakaian pupuk alam. “Yang kita harapkan dengan adanya kegiatan ini, semua tanaman, seperti coklat, pinang, durian, langsat dan sebagainya bisa pulih sehingga produktivitas dan kualitas hasil bisa cepat dan tidak merusak lingkungan,” katanya.

Bagi Bupati Pidie Roni Ahmad, SE, dalam membangun suatu daerah, termasuk Kabupaten Pidie tidak penting membangun infrastruktur mewah apabila banyak warganya berakhir dengan terbaring di rumah sakit. “Infrasturuktur gedung mewah, jalan mulus dan semua itu buat apa, jika masyarakatnya tidak bisa menikmatinya dan hanya setiap saat memenuhi semua bed di rumah sakit. Dan hampir semua rumah sakit sekarang penuh oleh pasien. Itu kenapa, akibat mengkonsumsi makanan tidak sehat karena sudah terkontaminasi dengan kimia semua,” kata Abusyik.

Pupuk Alam

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie, Ir Sofyan Ahmad di sela-sela mendampingi Bupati mengatakan, penggunaan pupuk alam sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian, baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Menurutnya, banyak manfaat penggunaan pupuk alam dalam pemakaian jangka panjang. Diantaranya mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada di tanah sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman. Selanjutnya, pupuk alam juga berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan kontinu, sehingga bisa membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.

Manfaat lainnya, pupuk alam juga bisa membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar-akar tanaman.

Selajutnya meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktivitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.

Sebut Ir Sofyan, penggunaan pupuk alami juga sangat membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara, serta berperan penting dalam merawat atau menjaga tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan berlebihan pemupukan dengan pupuk anorganik atau kimia dalam tanah. Pupuk alam bisa juga berperan positif dalam menjaga kehilangan secara luas hara Nitrogen dan Fosfor terlarut dalam tanah

Menurut dia, keberadaan pupuk alami yang tersedia secara melimpah dan mudah didapatkan. Pun begitu imbuh Ir Sofyan, perlu juga disadari bahwa keuntungan dan manfaat ganda di atas yang tidak didapatkan dalam pemakaian murni dengan pupuk anorganik atau buatan atau kimia. “Langkah terbaik adalah mengkombinasikan pemakaian pupuk kimia dengan pupuk organik secara tepat sehingga tujuan awal untuk menambah kesuburan tanah dan peningkatan produktivtas tanaman pertanian terbukti nyata, atau penggabungannya disebut dengan Fisika, Kimia dan Biologi,” tandasnya. (b06)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2