Waspada
Waspada » Abusyik Ajak Petani Pidie Pakai Pupuk Alami Untuk Selamatkan Anak Cucu
Aceh Headlines

Abusyik Ajak Petani Pidie Pakai Pupuk Alami Untuk Selamatkan Anak Cucu

Bupati Pidie Roni Ahmad, biasa disapa Abusyik sedang melakukan penyemprotan pupuk alami saat blusukan ke Kecamatan Mutiara dan Kembang Tanjong, Rabu (23/12). Abusyik Ajak Petani Pidie Pakai Pupuk Alami Untuk Selamatkan Anak Cucu. Waspada/IST
Bupati Pidie Roni Ahmad, biasa disapa Abusyik sedang melakukan penyemprotan pupuk alami saat blusukan ke Kecamatan Mutiara dan Kembang Tanjong, Rabu (23/12). Abusyik Ajak Petani Pidie Pakai Pupuk Alami Untuk Selamatkan Anak Cucu. Waspada/IST

SIGLI (Waspada): Bupati Pidie Roni Ahmad, SE tidak bosan-bosannya mengajak petani di daerahnya merubah kebiasaan pola tanam dari penggunaan pupuk kimia ke pupuk alami. Hal ini dirasa penting dalam rangka membangun produksi pangan yang sehat dikonsumsi.

“Mari kita galakkan gerakan penyemprotan pupuk alami. Ini penting kita lakukan untuk mengubah pola dari kebiasaan penyemprotan Pestisida yang mengandung zat-zat kimia ke pupuk yang mengandung bahan-bahan alami,” ujar bupati Pidie Roni Ahmad, biasa disapa Abusyik saat berada blusukan ke Gampong Tanjong, Kecamatan Kembang Tanjong, dan Gampong Meunasah Blang Beureueh, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie, Rabu (23/12).

Menurut Abusyik, ketersediaan bahan pupuk alam di Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie sangat melimpah, dan ini memberi peluang bagi petani di wilayah itu agar dapat bijak mengolah lahan pertaniannya secara baik.

Sejatinya, sebut Abusyik, penggunaan pupuk alami dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen, penyemprotan pupuk alami juga bertujuan agar hasil panen yang dikonsumsi manusia sehari-hari terjamin sehat.

Abusyik mengungkapkan, penggunaan pupuk kimia yang sudah menahun dilakukan menjadi salah satu alasan masyarakat dunia merana. Hal itu karena dengan penggunaan pupuk mengandung zat kimia yang besar (tidak terukur), mengakibatkan hasil tanaman menjadi tidak sehat dan menimbulkan berbagai penyakit serta merusak unsur hara tanah.

Terungkap, penggunaan pupuk berbahan kimia yang tidak terukur ditengarai dapat menimbulkan dampak yang justru merusak kesuburan tanah. Hal ini karena pupuk kimia yang dibuat dengan meramu bahan-bahan kimia anorganik tenyata mengandung kadar hara tinggi dengan melihat fakta-fakta yang ditimbulkan pupuk mengandung zat kimia.

Abusyik ajak dan selalu mengimbau masyarakat petani di seluruh Kabupaten Pidie untuk mulai membiasakan penggunaan pupuk organik dalam setiap kesempatan.

“Mari kita sama-sama menyelamatkan generasi muda ke depan dari hal yang sangat mendasar, yaitu dengan merubah pola tanam, memperoleh hasil tanaman yang berkualitas dan sehat untuk dikonsumsi anak cucu kita ke depan,” ajak Abusyik.

Ia menuturkan, Pemkab Pidie selalu mendukung dan siap menampung segala keluhan masyarakat, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pidie berupaya keras untuk memajukan dan mensejahteraan masyarakatnya. (b06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2