Waspada
Waspada » 75 Kali Donor Darah Ketum Fortanas Terima Penghargaan Dari Jusuf Kala
Aceh

75 Kali Donor Darah Ketum Fortanas Terima Penghargaan Dari Jusuf Kala

LHOKSEUMAWE (Waspada): Ketua Umum Forum Ketahanan Nasional (Fortanas) Provinsi Aceh, Anwar Puteh menerima piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), H. Muhammad Jusuf Kalla. Penghargaan itu diberikan, karena Anwar Puteh telah 75 kali mendonorkan darahnya untuk kepentingan sosial.

“Saya merasa tersanjung dengan piagam ini, apalagi piagam ini ditandatangani langsung oleh Mantan Wakil Presiden RI yang juga merupakan Ketua Umum PMI, Bapak Muhammad Yusuf Kalla,” sebut Anwar Puteh seraya menyebutkan piagam tersebut diterima dari Ketua Pelaksana Harian PMI Kabupaten Aceh Utara, Drs. H. Iskandar Nasri, MM di Gedung Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Aceh Utara di Lhokseumawe.

Menjawab Waspada, Anwar Puteh menjelaskan dirinya telah mulai mengikuti kegiatan donor darah rutin sejak masih aktif sebagai Anggota Satuan Penaggulangan Bencana (SATGANA) PMI Aceh Utara pada tahun 2000. Saat masih menjadi mahasiswa di Unimal, kata Anwar dirinya aktif di Korp Suka Rela Palang Merah Indonesia (KRS-PMI) Unit 08.

Bahkwan waktu itu dia dipercapayakan menjadi sopir ambulance dengan tugas harian antar-jemput jenazah korban tembak pada saat Aceh masih konflik bersenjata. “Kebutuhan darah untuk korban kontak tembak antara dua pihak saat itu memang cenderung banyak sehingga semakin istiqamah kita untuk donor,” sebut Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD.1) Fakultas Ekonomi Bisnis Unimal ini.

Bagi ayah enam anak ini donor darah sudah semestinya menjadi gaya hidup. Pasalnya, dengan donor darah diri kita akan semakin sehat, awet muda hingga mampu menciptakan hubungan romahtanga yang lebih harmonis. Kemudian, donor darah dapat membantu sesama.

“Mungkin hampir semua kita pernah merasakan betapa cemas, gundah dan berharapnya kita ketika mengumpulkan darah saat salah satu keluarga, kerabat atau sahabat kita yang sedang bertahan hidup menunggu hadirnya kantong darah untuk keselamatan nyawanya,” ucap Anwar Puteh.

Lebih lajut Ketua Majelis Pemuda Indonesia Kabupaten Aceh Utara yang juga Mantan Ketua KNPI Aceh Utara ini mengajak sahabat muda yang masih menikmati anugerah kesehatan dari Allah SWT untuk senantiasa berbagi untuk kemanusiaan. “Mari donor darah… jikapun nyawa tidak mampu diselamatkan ikhtiar kita Isya Allah berkah.”

Selain dirinya, penghargaan itu juga diberikan kepada pendonor yang telah mendonorkan darahnya 10 kali, 25 kali, dan 50 kali. Pemberian piagam tersebut dalam rangka memperingati HUT PMI ke-75 beberapa waktu lalu. (b07)

Waspada/Maimun Asnawi

Ketua Umum Forum Ketahanan Nasional (Fortanas) Provinsi Aceh, Anwar Puteh memperlihatkan piagam penghargaan donor darah 75 kali. Piagan itu ditandatangani oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), H. Muhammad Jusuf Kalla.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2