57 Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh Ikuti Praktik Keperawatan Keluarga

57 Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh Ikuti Praktik Keperawatan Keluarga

  • Bagikan

LANGSA (Waspada) : Sebanyak 57 Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh, Prodi Keperawatan Langsa mengikuti Praktik Keperawatan Keluarga (PKK) dalam wilayah Kec. Langsa Barat, Kota Langsa, Senin (27/9).

Ketua Program Studi Keperawatan Langsa Poltekkes Kemenkes, Kasad SKM MKes, menyatakan bahwa ada 57 mahasiswa yang langsung terjun ke lapangan untuk melaksanakan Praktik Keperawatan Keluarga, sebagai aplikasi teori yang didapatkan di kampus selama ini. Nantinya 57 mahasiswa tersebut dibagikan ke wilayah Puskesmas Langsa Barat Kota Langsa yang meliputi Gampong Seuriget, Gampong Lhok Banie, dan Gampong Kuala Langsa.

                                             

“Mereka kita tempatkan di gampong tersebut, karena desa ini merupakan lokasi desa binaan program studi Keperawatan Langsa, sebagai satu kesatuan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ucap Kasad.

Di samping itu juga, kata Kasad, tujuan utama dari melaksanakan PKK ini adalah memberikan pengalaman langsung dalam proses keperawatan dalam kondisi nyata dari kesehatan masyarakat khususnya keperawatan keluarga dan komunitas tentunya dalam aplikasi ilmu keperawatan keluarga yang selama didapatkan oleh mahasiswa di kampus. Kasad juga berpesan untuk terus mengedukasi masyarakat dalam menerapkan Prokes dan meyakinkan masyarakat terkait amannya vaksinasi Covid-19.

Ketua Program Studi Keperawatan Langsa Poltekkes Kemenkes, Kasad SKM MKes, saat menyerahkan 57 Mahasiswa Prodi Keperawatan Langsa kepada pihak Puskesmas maupun gampong dalam wilayah Kec. Langsa Barat, Senin (27/9). Waspada/Rapian

“Kita minta momen ini dipergunakan sebaiknya oleh para mahasiswa karena ilmu serta waktu tidak akan kembali ketika kita tidak mengambilnya,” tutur Kasad saat serah terima mahasiswa kepada Puskesmas maupun gampong.

Sementara itu Kepala Puskesmas Langsa Barat, Ayu Artalitha SKM MKes, sangat menyambut baik para mahasiswa untuk melakukan PKK yang nantinya akan mendapatkan ilmu tambahan serta pengalaman.

Hal senada juga diutarakan Geuchik Kuala Langsa, Rusmadi SKM, bahwa keberadaan para mahasiswa keperawatan di gampong ini membawa dampak yang baik, artinya bisa melayani warga pesisir laut.

“Kami sangat senang adanya para mahasiswa untuk melakukan praktek keperawatan keluarga juga sebagai pendamping para bidan maupun perawatan yang ada di gampong,” tandasnya.

Turut hadir pada penyerahan mahasiswa diantaranya, Sekretaris Prodi Ns. Keumalahayati, M.Kep, Sp.Mat, Koordinator Akademik Zakirullah, S.Kep, M.Biomed, Azwarni, SKM, M.Kes, Eva Sulistiany, SKM, MKes, Elfida, SKM, MPH, Ns. Supriyanti, M.Kes, Ayu Nora, SKM dan Khairuddin, S.Kep, masing-masing selaku dosen dan staf, serta tiga orang bidan desa setempat. (crp).


  • Bagikan