50 Ribu Batang Jeruk Keprok Gayo Disalurkan Ke Bener Meriah

- Aceh
  • Bagikan

REDELONG (Waspada) : Sebanyak 50 ribu batang keprok gayo bantuan siap tanam disalurkan kepada 100 kelompok yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Bener Meriah, Jum’at (18/11).

Batang keprok tersebut merupakan bantuan Pemerintah Aceh melalui progam pokir anggota DPRA Salihin senilai Rp 2 Miliar bersumber dari Anggara Pembelanjaan Aceh (APBA) 2021.

Pemberian bantuan secara simbolis yang di gelar Balai Penyuluhan (BP) Redelong Dinas Pertanian itu dihadiri oleh Plt Bupati Bener Meriah Dailami, Anggota DPRA Salihin, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Cut Huzaimah dan Kadis Pertanian setempat Nurisman.

Anggota DPRA Salihin dalam kata sambutannya menyampaikan program bantuan jeruk keprok gayo tersebut sebagai bentuk mengantisipasi terancam punahnya tanaman tua yang melambangkan identitas gayo itu.

“Tanaman ini sebenarnya hampir punah, padahal jeruk ini adalah jeruk terbaik di Indonesia dan mungkin di dunia sekalipun. Sehingga melalui program pokir ini, masyarakat dapat terbantu dalam mengembangkan tanaman jeruk keprok gayo,” katanya.

Selain itu, kata Salihin, tanaman jeruk keprok gayo sebenarnya jika ditanam bersamaan dengan kopi arabika gayo dapat saling menguntungkan dan tidak dirugikan.

“Artinya nilai ekonomisnya tinggi, Seperti contoh pernah terjadi di daerah Kecamatan Mesidah, hasil jeruk keprok dapat menjadi pengganti atau tambahan ketika harga kopi arabika gayo saat itu anjlok,” ujarnya.

Ia berharap, bagi kelompok – kelompok tani yang mendapat program bantuan tersebut dapat memanfaatkan dengan baik, sehingga tanaman jeruk keprok menjadi penghasil kedua setelah kopi arabika gayo.

Sementara itu, Plt Bupati Bener Meriah di hadapan para kelompok tani menekankan agar penerima bantuan dapat memanfaatkan bini jeruk keprok gayo tersebut.

“Rubahlah pola lama, artinya jangan nantinya bibit diterima tapi tidak ditanam. Jadi perlu adanya komitmen kepada para petani agar benar-benar memanfaatkan bibit jeruk ini nantinya,” kata Dailami.

Ia menambahkan, untuk perawatan tanaman itu, petani dapat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian melalui penyuluh agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik sehingga menjadi peningkatan ekonomi masyarakat.


“Atas nama masyarakat, saya mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRA Salihin atas bantuan bibit jeruk keprok ini melalui program pokirnya. Dan saya memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Aceh dan Dinas Pertanian setempat dalam merealisasikan program ini,” tutup Dailami. (Cet)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *