46 Warga Pidie Diduga Keracunan Makanan - Waspada

46 Warga Pidie Diduga Keracunan Makanan

  • Bagikan

SIGLI (Waspada): Sedikitnya 46 warga terpaksa dirawat karena diduga keracunan usai menyantap makanan kenduri di Meunasah (Surau) Gampong Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, Selasa (19/10) sore.

Kepala Puskesmas Simpang Tiga Eva Dorista SKM saat dihubungi Waspada via selular malam ini mengungkapkan, pihaknya menerima laporan dari keuchik setempat sekira pukul 16:45 bahwa warganya mengalami mual, pusing dan muntah.

Sejumlah warga Cebrek, Simpang Tiga, Kabupaten Pidie sedang dirawat di IGD RSUD Tgk Chik Ditiro, Sigli, Selasa (19/10) Waspada/Muhammad Riza

“Karena laporannya katanya banyak, maka kita putuskan langsung ke lokasi. Pihak Puskesmas membawa peralatan medis langsung memberi penanganan medis kepada korban,” ujarnya.

Hingga pukul 22.00, sebut Eva, tercatat sebanyak 46 warga yang perlu dirawat. “Belum ada yang pulang pak. Dari 46 korban, lima diantaranya balita, sembilan dirujuk ke RSUD Tgk Chik Di Tiro, satu di RS Citra Husada, dua di RS Mufid dan empat dirawat di bidan,” sebutnya.

Kadiskes Pidie dr Arika Husnayanti Aboebakar, SpOG (K) (tengah), berada di lokasi Meunasah Gampong Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga, memantau langsung penanganan warga Yang diduga mengalami keracunan massal usai menyantap makanan, Selasa (19/10). Waspada/Muhammad Riza

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pidie, dr Arika Husnayanti Aboebakar SpOG (K) yang langsung ke lokasi juga menyatakan pihaknya dan pihak terkait lainnya hingga malam ini masih posko di meunasah setempat.

“Kita terus memantau proses pengobatan dan rujukan pasien,” demikian Kadiskes Pidie dr Arika Husnayanti Aboebakar SpOG (K) yang berharap para korban cepat pulih.

Sebelumnya Kapolsek Simpang Tiga, Iptu Junaidi Sulaiman, SHI, membenarkan ada sejumlah orang, warga dari Gampong Cebrek yang diduga mengalami gejala keracunan makanan, seperti mual, muntah dan pusing-pusing. Saat ini sebut dia, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.(b06)

Keterangan Foto Utama ; Salah satu korban saat akan dirujuk ke rumah sakit. Waspada/Ist

  • Bagikan