Waspada
Waspada » 4 Rumah Kontrakan Jadi Abu
Aceh

4 Rumah Kontrakan Jadi Abu

 

KOTA JANTHO (Waspada): Rumah kontrakan konstruksi kayu milik M. Yusuf Ibrahim, 53, di Gampong Tungkop, Kecamatan Darussalam musnah terbakar, Rabu (16/6) jelang magrib. Harta benda milik penyewa rumah tersebut tidak ada yang bisa diselamatkan dan musnah dilalap si jago merah.

“Rumah yang berkontruksi kayu tersebut begitu cepat terbakar, dan berimbas kepada tiga unit rumah berdekatan dengan kondisi rusak berat,” ungkap Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar sebagaimana dilaporkan operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, Rabu (16/6) malam.

Pihak BPBD Aceh Besar menerima info kebakaran tersebut yang disampaikan warga pada pukul 18.26 Wib. Menangani kebakaran rumah tersebut BPBD Aceh Besar mengerahkan satu unit Damkar Pos Khaju serta di bantu dua unit armada pemadam dari Pos Induk Sibreh dan satu unit dari Pos Durung dan di dukung 20 personil pemadam kebakaran.

Menurut keterangan warga setempat, api bermula dari kompor gas di salah satu rumah korban yang terbakar. Karena kondisi cuaca yang panas dan rumah berkontruksi kayu, api begitu cepat dan mudah menghabiskan rumah korban dan harta bendanya.

“Harta benda milik korban tidak satupun ada yang berhasil di selamatkan. Untuk penyebab kebakaran diduga dari kompor gas. Namun itu dalam penanganan pihak yang berwajib,” imbuhnya.

Usaha pemadaman dan pendinginan selesai di lakukan petugas pada pukul 19.32 Wib. Pihak BPBD Aceh Besar juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos Aceh Besar untuk penanganan bantuan masa panik.

Tiga keluarga penyewa rumah tersebut, masing-masing Helmi M.Pd, 33, satu KK/4 jiwa, Irwandi, 34, satu KK/2 jiwa dan Leli, 30, satu KK /5 Jiwa. Tiga keluarga korban terdampak kebakaran tersebut, informasinya sudah mengungsi ke rumah saudaranya.

Karhutla

Sementara itu pada hari yang sama terjadi kebakaran lahan ilalang yang informasinya diterima BPBD Aceh Besar pada pukul 16.05 Wib. Kebakaran lahan itu terjadi di lahan Komplek Bapelkes Jantho di Gampong Jantho Makmur, Aceh Besar.

Menurut keterangan pekerja Bapelkes, sebagaimana dikutip Operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, mereka sedang gotong royong membersihkan lahan dan membakar tumpukan ilalang. Karena kondisi angin kencang menyebabkan api cepat menjalar.

Pekerja Bapelkes sudah berusaha melakukan pemadaman manual tapi api terus membesar. Akhirnya Satpam Bapelkes melaporkan ke petugas Damkar Pos Jantho untuk melakukan pemadaman.

“Penyebab kebakaran lahan itu akibat pembakaran tumpukan ilalang tapi dalam pengawasan pekerja,” sebutnya. Lahan seluas dua hektar itu berhasil dipadamkan petugas pada pukul 17.11 Wib.

Terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP mengimbau masyarakat agar waspada dengan percikan api karena sangat mudah terjadi kebakaran lahan.

“Masyarakat yang ingin membuka lahan perkebunan agar tidak menggunakan cara membakar, apalagi tanpa di awasi dan di jaga,” pintanya. (b05)


Tiga rumah kontrakan konstruksi kayu habis terbakar, Rabu (16/6) di Gampong Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar. Waspada/Ist

Sekitar dua hektar lahan ilalang di komplek Bapelkes Jantho, Gampong Jantho Makmur, Kecamatam Kota Jantho, Aceh Besar, terbakar, Rabu (16/6). Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2