Waspada
Waspada » 4 Ruko Gampong Dham Ceukok Terbakar
Aceh

4 Ruko Gampong Dham Ceukok Terbakar

Petugas Damkar BPBD Aceh Besar pos induk Sibreh, melakukan penanganan  pemadaman api yang menghanguskan empat unit ruko konstruksi permanen milik Gampong Dham Ceukok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat (21/2) dini hari. Waspada/Muhammad Zairin/B

 

KOTA JANTHO (Waspada): Empat unit Ruko (rumah toko) milik Gampong Dham Ceukok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, dilalap si jago merah, Jumat (21/2) dini hari. Tiga unit  ruko yang berisi barang dagangan musnah terbakar.

“Seluruh barang dagangan tidak dapat di selamatkan semua habis terbakar,” ungkap Farhan AP, kalaksa BPBD Aceh Besar. Penyebab kebakaran ruko tersebut, katanya, sudah dalam penanganan pihak yang berwajib.

Ia menyebutkan ke empat ruko konstruksi permanen tersebut mengalami rusak berat. Ruko milik Gampong Dham Crukok  masing-masing disewa Bahri, 50, dan Marzuki, 45, keduanya berjualan kelontong serta Syamsuar, 48, berjualan kopi. “Satu unit lagi disewa Isma, 52,

namun ruko itu masih kosong,” sebut Farhan. Pihak BPBD Aceh Besar pos induk Sibreh menerima informasi kebakaran ruko itu yang disampaikan warga pada pukul 01.55 Wib.

Petugas mengerahkan tiga unit armada damkar untuk penanganan kebakaran itu. “Setiba petugas dilokasi, api sudah menghabiskan sebagian ruko itu dan posisi ruko yang terbakar berada ditengah-tengah permukiman warga,” imbuhnya.

Sebelum armada pemadam  tiba dilokasi kejadian, warga  sekitar telah melakukan upaya pemadaman manual, dan  pemadaman selesai dilakukan petugas pada pukul 03.20 Wib dengan kondisi ruko mengalami rusak berat

Dalam penanganan kebakaran itu petugas pemadam ikut dibantu personil TNI-Polri dari Koramil dan Polsek setempat serta warga disekitar lokasi kejadian.

Gedung TK Terbakar

Sebelumnya, gedung Taman Kanak- Kanak (TK) Bunga Harapan Di Gampong Beureunut, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, terbakar, Rabu (19/2) malam. Kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai Rp.30 juta.

“Saat kejadian signal handphone lagi tidak bagus, sehingga warga kesulitan menghubungi pihak damkar, dan warga melakukan pemadaman manual  menggunakan mobil tangki air milik warga,” ujar Farhan.

Mengutip keterangan Camat Seulimum, ia menyebutkan kebakaran gedung TK Bunga Harapan itu terjadi pukul 22.00 Wib dan api dapat dipadamkan pada pukul 00.00 Wib. “Dugaan penyebab kebakaran itu akibat arus pendek,” tambahnya.

Pihak BPBD Aceh Besar yang menerima informasi kebakaran gedung TK yang sudah lama tidak dipergunakan tersebut, Kamis (20/2) pukul 08.45 Wib. Kebakaran itu menghanguskan seluruh bahagian plafon dan atap gedung. (b06/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2