Waspada
Waspada » 34 Mahasiswa Unsyiah KKN Di Sabang
Aceh Pendidikan

34 Mahasiswa Unsyiah KKN Di Sabang

34 Mahasiswa KKN foto bersama dgn pejabat Pemko Sabang. 34 Mahasiswa Unsyiah KKN Di Sabang. Waspada/Ist
34 Mahasiswa KKN foto bersama dgn pejabat Pemko Sabang. 34 Mahasiswa Unsyiah KKN Di Sabang. Waspada/Ist

SABANG (Waspada): Sebanyak 34 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kota Sabang.

Ke-34 mahasiswa KKN itu adalah putra-putri Sabang yang sedang menuntut iĺmu di berbagai fakultas di Unsyiah Banda Aceh disambut pihak Pemerintah Kota Sabang.

Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM pada acara penyambutan di aula Wali Kota Sabang Senin (18/1), mengatakan tahun ini merupakan yang perdana bagi mahasiswa menjalani KKN di daerah masing-masing, di mana ini merupakan kebijakan yang diambil oleh pihak Unsyiah sendiri dalam kondisi pandemi.

“Saya pikir ini suatu langkah yang lebih aman dan nyaman bagi para mahasiswa berada di daerahnya masing-masing,” kata Sekda Kota Sabang.

Kata Sekda, ada hikmah KKN dilakukan di daerah asal, salah satunya mahasiswa dapat lebih banyak beradaptasi dengan keluarga maupun masyarakat di daerahnya dan juga dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih positif menanggapi berbagai permasalahan ke depannya.

Hal serupa juga dikatakan Koordinator P3KKN Unsyiah, Drs Zulfitri, MPd, yang menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil terkait pandemi Covid-19, di mana para mahasiswa akan lebih aman dan nyaman di daerah asal mereka.

Kendati demikian, lanjutnya, kegiatan KKN akan sama layaknya KKN biasa, seperti membantu di kampung dan sekolah-sekolah sesuai jurusan mahasiswa masing-masing dan diharapkan anak-anak tidak tertinggal pelajaran karena selama ini banyak yang belajar melalui Daring.

“Anak-anak daerah bisa mendapatkan pelajaran Calistung dari para mahasiswa KKN, itu yang diharapkan” jelasnya.

Dengan tema “Melalui Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Mengajar (KNKT-MM III) Universitas Syiah Kuala, Kita berdayakan potensi sumber daya daerah untuk peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Kota Sabang”, KKN Unsyiah diikuti mahasiswa yang sebanyak 34 orang yang terdiri 6 orang laki-laki dan 28 orang perempuan.

Ke 34 orang mahasiswa ini akan ditempatkan di dua kecamatan yang ada di Kota Sabang dengan perincian 20 mahasiswa di Kecamatan Sukajaya dan 14 mahasiswa lainnya untuk Kecamatan Sukakarya selama 30 hari. (b.18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2