Waspada
Waspada » 269 Kute Di Agara Gelar Pilkades Serentak, Bupati Turun Ke TPS
Aceh Headlines

269 Kute Di Agara Gelar Pilkades Serentak, Bupati Turun Ke TPS

Bupati, Raidin Pinim menghimbau kepada warga yang telah memberikan hak suaranya, timses pendukung Calon Pengulu Kute agar tetap menjaga persatuan, kesatuan, kekompakan di kute masing-masing. Himbauan bupati disampaikannya di Desa Kute Bantil Kecamatan Lawe Bulanm Sabtu (17/7).Waspada/Seh Muhammad Amin
Bupati, Raidin Pinim menghimbau kepada warga yang telah memberikan hak suaranya, timses pendukung Calon Pengulu Kute agar tetap menjaga persatuan, kesatuan, kekompakan di kute masing-masing. Himbauan bupati disampaikannya di Desa Kute Bantil Kecamatan Lawe Bulanm Sabtu (17/7).Waspada/Seh Muhammad Amin

 

KUTACANE (Waspada): Sebanyak 269 kute (desa) yang tersebar pada 16 kecamatan, Sabtu (17/7) resmi menggelar pemilihan Pengulu Kute serentak (pemilihan kepala desa/Pilkades) yang pertama di Aceh Tenggara.

Kendati masih ada riak-riak kecil yang mengakibatkan terjadinya perselisihan akibat persaingan yang tajam antar sesama kubu calon Pengulu Kute (Kepala Desa), namun secara umum pelaksanaan Pemilihan Pengulu Kute serentak di Aceh Tenggara, berjalan aman, tertib dan lancar.

Bupati H. Raidin Pinim didampingi Ketua DPRK, Deni Febrian Roza, Kabag Tata Pemerintahan Setdakab, Firman Desky, Kabag Keprotokolan, Wahyul Hifzi, Kalaksa BPBD, Nazmi Desky, Kasatpol PP, Rahmad Fadli usai berkeliling meninjau lokasi pemilihan Pengulu Kute pada TPS Kute Lawe Kihing, Kute Terutung Payung dan Pedesi Kcamatan Bambel, Lawe Sumur Sepakat Kecamatan Lawe Sumur dan TPS Kute Bantil Kecamatan Lawe Bulan, mengatakan Pilkades umumnya berjalan aman dan lancar, demikian juga dengan penerapan protokol kesehatan di lokasi pemilihan.

“Saya barusan berkeliling melihat pelaksanaan Pilkades atau pemilihan pengulu kute serentak pada 4 kecamatan di Aceh Tenggara,” ujar Bupati sembari menambahkan hasilnya menggembirakan karena berlangsung aman dan tenteram, tanpa adanya gejolak yang menyebabkan terganggunya gelar Pilkades serentak pada 269 Kute di bumi Sepakat Segenep.

Bahkan, pada semua TPS yang ditinjau Bupati, Wakil Bupati, Bukhari, Dandim 0108/Agara Letkol Inf Robbi Firdaus, Kapolres AKBP Bramanti Agus Suyono, Kajari Agara Saifullah dan Sekdakab Mhd. Ridwan, semua menerapkan dan mengikuti protokol kesehatan.

“Ini pengalaman pertama kita di Aceh Tenggara, menggelar Pilkades atau Pemilihan Pengulu Kute serentak dan diikuti oleh 269 kute serta melibatkan sedikitnya 616 orang calon pengulu kute, Alhamdulillah berjalan aman dan lancar. Semoga Pilkades serentak tahun 2021, bisa menjadi contoh bagi seluruh komponen masyarakat di bumi Sepakat Segenep dan bagi daerah lainnya yang bakal menggelar Pilkades serentak,” ujar Raidin Pinim.

Kepada warga yang telah memberikan hak suaranya, Timses pendukung calon pengulu kute hendaknya, tetap menjaga persatuan, kesatuan, kekompakan di kute masing-masing, bagi calon yang menang hendaknya merangkul calon yang kalah dan jangan terlau euforia dengan kemenangan, sebaliknya bagi calon yang kalah bisa legowo dan tetap tabah serta tawakal menerima hasil Pilkades serentak di Agara.

Bupati juga menyampaikan rasa kekagumannya terhadap tingginya antusias warga kute yang ikut melaksanakan Pemilihan Pengulu Kute serentak pada 269 kute ini, demikian juga dengan sikap dan rasa tanggung jawab warga masyarakat dalam menjaga keamanan dan kelancaraan pelaksanaan Pilkades serentak, kendati melibatkan banyak calon pengulu kute dan banyak kute.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Zul Fahmi mengatakan, untuk memantau dan memonitoring pelaksanaan Pilkades serentak pada 269 kute yang tersebar di 16 kecamatan, Pemkab membentuk dan menurunkan 5 Tim Monitoring.

Tim I dipimpin Bupati, H Raidin Pinim, Tim II yang dipimpin Wakil Bupati, Bukhari didampingi Ketua PN Kutacane, Inspektur Kabupaten, Ketua Komisi A DPRK, Tim III dipimpin Kapolres Agara, AKBP Bramanti Agus Suyoo, didampingi Asisten Bidang Perekonomian Setdakab, Kadis Kominfo, Tim IV dipimpin Dandim 0108/Agara, Letkol Inf Robbi Firdaus dan Tim V dipimpin Kajari Aceh Tenggara,Syaifullah.(Cseh)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2