Waspada
Waspada » 2021 Setiap Desa Di Aceh Utara Wajib Bentuk Baitul Mal
Aceh Headlines

2021 Setiap Desa Di Aceh Utara Wajib Bentuk Baitul Mal

Abi Uma dari Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara,(8/7) siang melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah duafa untuk Ibu Megawati di Gampong Baroh Kuta Bate. Peletakan batu pertama tersebut disaksikan oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf dan Muspika setempat. 2021 setiap desa di Aceh Utara wajib bentuk Baitul Mal. Waspada/Maimun Asnawi
Abi Uma dari Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara,(8/7) siang melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah duafa untuk Ibu Megawati di Gampong Baroh Kuta Bate. Peletakan batu pertama tersebut disaksikan oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf dan Muspika setempat. 2021 setiap desa di Aceh Utara wajib bentuk Baitul Mal. Waspada/Maimun Asnawi

ACEH UTARA (Waspada): Wajib bentuk Baitul Mal pada setiap desa yang ada di Kabupaten Aceh Utara mulai tahun 2021.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Rabu (8/7) siang di Gampong Baroh Kuta Bate, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara memerintahkan Kepala Baitul Mal Aceh Utara untuk membentuk baitul mal di setiap desa pada tahun 2021.

Jumlah baitul mal yang harus dibentuk mencapai 852 unit sesuai jumlah desa di kabupaten itu.

Hal tersebut disampaikan orang nomor dua di Aceh Utara itu pada saat memberikan sambutan pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah duafa untuk ibu Megawati di Gampong Baroh Kuta Bate, Kecamatan Meurah Mulia.

Peletakan batu pertama tersebut sebagai pertanda pembangunan rumah duafa dari Baitul Mal Aceh Utara untuk tahun 2020 mulai.

Jumlah rumah yang akan dibangun di seluruh Aceh Utara pada tahun ini mencapai 273 unit. Pembangunan rumah bantuan tersebut dilaksanakan secara swakelola.

Persoalan Fakir Miskin Terselesaikan 5-7 Tahun Ke Depan

Jika seluruh masyarakat Aceh Utara yang sudah berhak zakat menyerahkan zakatnya untuk dikelola oleh Baitul Mal Aceh Utara, maka kata Fauzi Yusuf, persoalan fakir dan miskin dapat diselesaikan dalam rentang waktu 5-7 tahun ke depan.

“Ayo bayar zakat di Baitul Mal Aceh Utara, supaya penanggulangan persoalan fakir dan miskin cepat teratasi. Untuk memudahkan masyarakat untuk bayar zakat, maka saya perintahkan Kepala Baitul Mal Aceh Utara, Tengku Yusradi Ismail untuk membentuk 852 unit baitul mal tingkat desa. Perintah ini bersifat wajib,” tegas Fauzi Yusuf di hadapan warga Gampong Baroh Kuta Bate.

“Semakin banyak warga yang bayar zakat di Baitul Mal Aceh Utara, maka semakin banyak fakir dan miskin yang dapat dibantu,” ucap Wakil Bupati

Kepala Baitul Mal Aceh Utara, Tengku Yusradi Ismail, SE saat dikonfirmasi Waspada pada kesempatan itu menyebutkan kalau pihaknya siap untuk segera melaksanakan perintah Wakil Bupati Aceh Utara itu.

“Kami berkomitmen pada tahun 2021 setiap desa di Aceh Utara sudah ada baitul mal. Benar sekali, dengan adanya baitul mal di setiap desa masyarakat dapat dengan mudah dan cepat dalam membayar zakat,” sebut Tengku Yusradi Ismail.

273 Unit Rumah Dibantu Pada 2020

Kepada Waspada, Tengku Yusradi Ismail juga menyebutkan, pada tahun 2020 jumlah rumah yang dibantu 273 unit. 9 Unit diantaranya dibangun di Kecamatan Meurah Mulia.

“Tidak ada persoalan besar jika masalah tersebut diatasi secara bersama-sama yaitu dengan membayar zakat pada satu lembaga resmi Baitul Mal Aceh Utara. Insya Allah zakat masyarakat akan kami salurkan sesuai peruntukan dan tepat sasaran. Baitul Mal juga akan melaporkan secara akurat jumlah zakat dan infak yang telah terkumpul dan juga melaporkan data penerima manfaat dari zakat dan infak tersebut,” demikian Tengku Yusradi Ismail. (b07)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2