12 Destinasi Di Aceh Masuk Nominasi API 2022

  • Bagikan
Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin. Waspada/Zafrullah
Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin. Waspada/Zafrullah

BANDA ACEH (Waspada): Sebanyak 12 destinasi pariwisata Aceh berhasil masuk dalam berbagai kategori nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

Hal itu diketahui setelah panitia mengumumkan daftar list yang masuk nominasi, pada Selasa (10/5) malam.

Sebelumnya pada API 2021, Provinsi Aceh sukses menjadi juara umum dengan menyabet tujuh juara dari 12 destinasi yang dilombakan. Di Tahun ini, 12 destinasi di Aceh kembali masuk nominasi dari 18 kategori yang dilombakan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin bersyukur, karena berbagai destinasi di Aceh kembali masuk dalam nominasi API 2022.

Hal itu membuktikan bahwa Aceh adalah salah satu destinasi unggulan di Indonesia yang bisa membawa pengaruh positif bagi promosi pariwisata di Aceh, baik nasional maupun di tingkat internasional.

“Alhamdulillah, tahun ini ada 12 destinasi masuk ke daftar nominasi API 2022 di sejumlah kategori. Terima kasih kepada tim Dinas Pariwisata kabupaten/kota yang turut terlibat dalam penyusunan berkas saat proses penyeleksian,” kata Jamaluddin di Banda Aceh, Rabu (11/5).

Ia berharap torehan prestasi yang diraih tahun sebelumnya bisa dipertahankan dalam tahun ini. Tentunya, dukungan dari masyarakat sangat berguna untuk terus mempromosikan destinasi wisata di daerahnya masing-masing.

Jamaluddin mengajak masyarakat memberikan dukungan dari masing-masing kategori yang masuk nominasi API 2022 dengan cara memberikan dukungan suara dapat dilakukan melalui akun Instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward, Facebook @API Award dan SMS premium.

“Masyarakat dapat memberikan dukungan suara pada periode pemungutan suara (voting periode) antara tanggal 1 Juni sampai 31 Oktober 2022 mendatang,” ujar Kadisbudpar Aceh.

Untuk SMS premium dukungan dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (berlaku tarif premium untuk semua provider). Sebagai contoh: untuk memilih Diving Gampong Iboih, ketik API 8D dan kirim ke 99386. Setiap dukungan pilihan yang masuk melalui SMS akan dihitung 2 suara.

Sementara masyarakat juga bisa memberikan dukungan dengan cara like dan comment dukungan di video promosi nominasi API 2022 yang sudah diunggah di YouTube Channel APIaward. Dukungan akan dihitung berdasarkan jumlah rata-rata view, like dan comment.

Hal tersebut juga berlaku untuk feed promosi nominasi yang sudah di upload di akun Instagram @ayojalanjalanindonesia.

Warganet bisa memilih 12 daftar kategori destinasi Aceh yang masuk nominasi, lalu menyukai postingan dan memberikan dukungan di kolom komentar. Dukungan pilihan yang masuk dihitung berdasarkan jumlah rata-rata dari reach, like dan comment.

Selain itu, warganet juga bisa memberikan dukungan di akun Facebook @apiaward. Dengan cara menyukai postingan yang diunggah lalu memberikan dukungan melalui komentar di setiap postingannya.

“Ayo kirimkan suara pilihan sebanyak-banyaknya untuk menjadikan wisata kebanggaan warga Aceh bisa jadi yang terbaik di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2022,” ajak Jamaluddin.

Adapun 12 kategori destinasi wisata Aceh yang masuk nominasi API 2022, yakni:

  1. Makanan Tradisional, API 1F – Lokan Badaruk (Aceh Singkil)
  2. Promosi Digital, API 3F – IG @bandaacehtorism (Banda Aceh)
  3. Brand Pariwisata, API 4F – Pesona Pesisir Timur Aceh (Kota Langsa)
  4. Cinderamata, API 6J – Tenun Putri Lindung Bulan (Aceh Tamiang)
  5. Wisata Air, API 8D – Diving Gampong Iboih (Sabang)
  6. Ekowisata, API 9H – Tahura Lae Kombih (Subulussalam)
  7. Dataran Tinggi, API 10D – Bur Telege (Aceh Tengah)
  8. Situs Sejarah, API 12A – Benteng Trumon (Aceh Selatan)
  9. Atraksi Budaya, API 13I – Tari Guel (Aceh Tengah)
  10. Festival Pariwisata, API 14A – Banda Aceh Coffee Festival (Banda Aceh)
  11. Destinasi Kreatif, API 15H – Pulau Dua (Aceh Selatan)
  12. Surga Tersembunyi, API 18J – Terujak Falls (Aceh Timur). (b03)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *