Aceh Besar Dukung Program PKH 

KOTA JANTHO (Waspada): Pemkab Aceh Besar mengapresiasi dan mendukung penuh Program Keluarga Harapan (PKH), sebab program itu sangat membantu Pemkab, khususnya dalam upaya memperkecil tingkat kehidupan masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Aceh Besar Dukung Program PKH 
Waspada/Ist

Demikian disampaikan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dalam sambutan yang dibacakan Plh Sekdakab Abdullah pada pembukaan Rakor PKH, Kamis (1/8) di gedung serba guna kantor Camat Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. 

Mawardi menjelaskan, orientasi pembangunan global telah mengalami pergeseran arah dari penyediaan infrastruktur, pengembangan ekonomi, dan perluasan investasi ke arah pengembangan SDM dan kesejahteraan secara menyeluruh dan berkeadilan melalui berbagai program penanggulangan kemiskinan. 

Salah satunya PKH sebagai program perlindungan sosial yang merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dengan pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), sehingga kelompok sangat miskin dapat memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, serta memberikan kemampuan kepada keluarga meningkatkan pengeluaran konsumsi.

Pemkab Aceh Besar berharap, kerjasama dari berbagai pihak terkait upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Salah satunya dukungan dari semua pihak dalam menyukseskan PKH, mengingat PKH sebagai program percontohan dalam rangka mendukung percepatan Millenium Depelopment Goals (MDGs). 

"Ini merupakan tugas berat yang harus diemban bersama Tim Koordinasi UPPKH Kabupaten Aceh Besar. Karena itu, Pemkab mengajak seluruh jajaran OPD terkait untuk menggunakan segala sumber daya yang ada, terutama dalam melakukan koordinasi dan mengendalikan pelaksanaan program ini di Aceh Besar,” pintanya.

Sementara itu, Plt Kadis Sosial Aceh Besar, Rusdi menjelaskan, Rakor PKH itu diharapkan semakin meningkatkan motivasi kerja para SDM PKH di Aceh Besar dalam menyukseskan berbagai program yang digulirkan di tengah-tengah masyarakat. 

Rakor PKH yang berlangsung sehari diikuti 135 tenaga pendamping PKH baik Koordinator Kabupaten hingga pendamping Kecamatan. "Mudah-mudahan, melalui Rakor PKH ini semakin meningkatkan silaturahmi dan semangat kerja untuk kemajuan daerah,” katanya.

Berdasarkan data BPS Aceh Besar, bahwa selama 2 tahun terakhir telah mampu menekan presentase kemiskinan dari 15,41 persen menjadi 14,47 persen pada awal tahun 2019. "Penurunan tersebut tidak lepas dari dampak pelaksanaan program nasional dan daerah untuk memperkecil keluarga miskin," pungkas Rusdi. (b06/C)