Prudential Syariah Tekankan Pentingnya Pengisian Data Lengkap Dan Akurat Untuk Kelancaran Proses Klaim

  • Bagikan
Prudential Syariah Tekankan Pentingnya Pengisian Data Lengkap Dan Akurat Untuk Kelancaran Proses Klaim

JAKARTA (Waspada): Prudential Syariah mendorong para peserta untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat saat pengajuan polis asuransi.

Yenie Rahardja, Chief Risk, Compliance, and Legal Officer Prudential Syariah, menegaskan bahwa dengan memberikan informasi yang lengkap dan akurat, maka proses di kemudian hari dapat lebih cepat dan mudah.

“Hal ini juga akan membantu kita sebagai pengelola untuk dapat menjaga amanah dari para peserta yang telah mempercayakan kontribusinya melalui pada dana tabarru,” jelas Yenie.

Yenie juga mengingatkan pentingnya membaca dan mempelajari isi polis secara seksama sebelum menyepakati pembelian. Prudential Syariah menyediakan masa free look period selama 14 hari kalender untuk mempelajari detail polis. Dalam periode ini, peserta dapat membatalkan polis jika merasa tidak sesuai.

Jika pembatalan dilakukan, perusahaan akan mengembalikan kontribusi secara transparan setelah memperhitungkan biaya administrasi yang dikeluarkan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan peserta selama masa free look period meliputi kelengkapan data diri, kesesuaian manfaat asuransi dengan kebutuhan, jumlah kontribusi dan aturan pembayarannya, biaya tambahan (jika ada), serta pengecualian perlindungan
Selain itu, Prudential Syariah terus meningkatkan literasi terkait asuransi syariah, termasuk hak dan kewajiban peserta, terutama dalam proses klaim.

Jika terjadi sengketa akibat kesalahan interpretasi, perusahaan berkomitmen menyelesaikannya secara terbuka sesuai prinsip perlindungan konsumen yang diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Prudential Syariah secara rutin mengedukasi para Peserta, Calon Peserta, dan masyarakat Indonesia akan prinsip, fungsi dan manfaat asuransi syariah. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan literasi asuransi kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas, mahasiswa, hingga organisasi islam terkemuka di Indonesia. Kami juga terus mendukung tenaga pemasar untuk mengingatkan pemahaman peserta akan polis yang dimiliki, sehingga peserta dapat menerima manfaat perlindungan yang optimal serta menghindari kesalahpahaman di kemudian hari,” tutup Yenie.

Pada kuartal III tahun 2024, Prudential Syariah telah membayarkan total santunan dan klaim sebesar Rp1,8 triliun, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian ini membuktikan komitmen Prudential Syariah sebagai mitra amanah dalam proteksi berbasis syariah bagi keluarga Indonesia. (m31)




Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *