390 Jamaah Haji Kloter 17 Tiba Di Tanah Air , Seorang Jamaah Masih Di Tanah Suci

MEDAN (Waspada) : Sebanyak 390 orang jamaah haji kelompok terbang 17 asal, Deliserdang, Mandailing Natal, Karo dan Humbang Hasundutan,tiba di Tanah Air  Senin (9/9).

390 Jamaah Haji Kloter 17 Tiba Di Tanah Air , Seorang Jamaah Masih Di Tanah Suci
Kedatangan jamaah haji kloter 17 disambut penuh kegembiraan antaranya oleh Kasi Haji dan Umrah Kemenag Deliserdang,H.Ahmad Qosbi,MM. Waspada/Anum Saskia

Kedatangan jamaah haji disambut, Kakanwil Kemenag Sumut, H.Iwan Zulhami,Asisten III Pemkab Deliserdang, H.Jentralin Purba,SH.MH, Kankemenag Deliserdang,H.Tolibun Pohan, MSi,Kasi Haji dan Umrah, H.Ahmad Qosbi,MM,Kankemenag Kabupaten Karo Drs. H.Muksin serta undangan lainnya.

Kasi Haji Deliserdang, H.Ahmad Qosbi menyebutkan , kedatangan jamaah haji kelompok terbang 17 ini  ,jamaah asal Deliserdang seorang jamaah atas nama, Jarkawi, 84,masih berada di Tanah Suci.

Dengan begitu, kata Ahmad Qosbi jamaah haji asal Deliserdang sebanyak 597 orang,wafat dua orang dan seorang lagi masih dalam perawatan di rumah sakit di Tanah Suci. "Mari kita doakan bersama agar jamaah yang sakit atas nama Jarkawi dapat kembali ke Tanah Air,"kata Ahmad Qosbi. Kepada jamaah haji, dia berpesan agar membawa kenyamanan,kedamaian di masyarakat jadi suri tauladan dan bisa jadi panutan sebagai implementasi dari haji yang mabrur dan mabrurah.

Jamaah Karo Di Sambut Pemkab

Sementara jamaah haji asal Kabupaten Karo sebanyak 57 orang, akan tetap diterima Pemkab Kabupaten Karo di Masjid Agung sedangkan perjalanan akan menggunakan  dua bus. Hal itu disampaikan Kankemenag Drs.H.Muksin saat menerima kedatangan jamaah haji di Aula Madinatul Hajj.

Kepada jamaah,dia berpesan agar bisa menjaga kemabruran haji hingga akhir hayat. Kemudian, menjadi teladan di tengah masyarakat dengan menebar manfaat sehingga dampak seseorang yang melaksanakan ibadah haji sebagai contoh, akan menjadi bukti mabur dan mabrurahnya ibadah haji.

Plt Kankemenag Madina, Zainal Arifin menyebutkan,jamaah haji asal Madina dalam klotet 17 ini sebanyak, 110 orang.Seluruh jmaah akan pulang langsung dengan 4 yang disediakan Pemkab Madina.  Setibanya di sana ,kata dia, akan diterima bupati, di halaman Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan. 

"Jamaah akan diterima dengan acara sambutan sebelum kembali kekediaman masing-masing. Saat dalam perjalanan makan jamaah juga ditanggung Pemkab,sedangkan sebelum kepulangan disajikan makanan oleh keluarga almarhum  H.Sutan Sati Lubis ALS. "Jumlah jamaah asal Kabupaten Madina sebanyak 502 dan wafat dua orang,"katanya bersama M.Daud Batubara selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemkab Madina.

Sebelumnya,Kabid Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji debarkasi Medan,  Eri Nofa,  MAP,menyebutkan hingga saat ini sudah 17 kloter jamaah haji yang kembali ke Tanah Air. Dengan total jumlah sebanyak  6.619 orang.  

Pada kloter 17 sambungnya, jamaah yang kembali ke Tanah Air sebanyak 390 orang. Jumlah ini bertambah, dibandingkan masa keberangkatan sebanyak 389 orang. 

"Pada kloter 17 ini satu jamaah mutasi ke kloter 7 atas nama Nurlela Abdul Malik ,65,asal Deliserdang. Kemudian dua jamaah lainnya mutasi dari  kloter 18 atas nama,Abdullah Muhammad Nur,74, Norma Muhammad Nur,65. Keduanya merupakan warga Batubara,"kata Eri Nofa. (m37)